Prabowo Ingin Anak-Anak Dayak Kalimantan Bisa Sekolah di SMA Taruna Nusantara

Prabowo Ingin Anak-Anak Dayak Kalimantan Bisa Sekolah di SMA Taruna Nusantara

Prabowo ketika menerima hiasan kepala daei Panglima Jilah Tentara Merah Dayak di Pontianak, Sabtu-TKN Prabowo Gibran-

HARIAN DISWAY - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji akan membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara di Kalimantan.

Hal tersebut sebagai respon atas permintaan warga Kalimantan yang mengaku memiliki keterbatasan  untuk mengenyam pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka.

Buntut dari sulitnya akses pendidikan itu berimbas pada sulitnya akses pendaftaran pendidikan TNI dan Polri, sehingga angka warga Kalimantan yang menjadi TNI Polri cenderung sedikit.

BACA JUGA:Prabowo Serukan Teriakan Perang Khas Dayak di Hadapan Tentara Merah TBBR

Namun, rencana itu akan Prabowo diskusikan terlebih dahulu dengan meminta petunjuk dari Presiden RI Jokowi guna mencari lokasi terbaik untuk pembangunan sekolah SMA Taruna Nusantara Kalimamtan.

“Saya akan minta petunjuk Bapak Presiden tempatnya dimana, dan nanti akan saya serahkan Bapak Presiden segera kita bangun sebelum saya perkirakan akan selesai Oktober 2024,” ujar Prabowo di hadapan ribuan Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) saat menghadiri acara Bahaupm Bide Bahana (Silaturahmi) di Pontianak, Kalimantan Barat.

Prabowo turut menceritakan beberapa sekolah yang telah dibina oleh Kementerian Pertahanan, yakni SMA Taruna Nusantara yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Yakin Keberlanjutan Kalahkan Perubahan

“Saya sebagai Menhan ada beberapa sekolah itu sekolah sesuai permintaan, ada lembaga pendidikan namanya lembaga pendidikan taruna. SMA Taruna Nusantara di Magelang. Saya mendirikan SMA Taruna Nusantara di Jawa Timur dan akan bangun 1 SMA Taruna Nusantara di Pulau Kalimantan,” ungkap Menhan RI itu.

Berhubung pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kalimantan masih dalam proses, Prabowo memberikan akses kesempatan bagi anak-anak masyarakat Dayak di Pontianak Kalimantan Barat itu untuk menjemput bangku pendidikan di SMA Taruna Nusantara yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

“Sebelum itu, kalau ada anak-anak Dayak yang ingin sekolah di SMA Taruna Nusantara saya siap menjemput mereka,” pungkasnya.

BACA JUGA:Petani adalah Ujung Tombak, ini Cara Prabowo Gibran Tingkatkan Kesejahteraan

Adapun kehadiran Prabowo di Kalimantan kali ini merupakan salah satu dari rangkaian safari politiknya pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Prabowo Subianto disambut pimpinan Pasukan Merah Dayak, Panglima Jilah dan disematkan ikat kepala khas Suku Dayak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: