Gibran Singgung LFP dan Tom Lembong Dalam Debat Cawapres, Ini Penjelasannya

Gibran Singgung LFP dan Tom Lembong Dalam Debat Cawapres, Ini Penjelasannya

HARIAN DISWAY - Debat cawapres Minggu malam, 21 Januari 2024, bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Maka ketiga cawapres yang berkontestasi dalam Pilpres 2024 memanfaatkannya untuk membahas beberapa hal yang berkaitan dengan teknologi hijau. Salah satunya adalah LFP.

Capres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertanya apakah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) anti-nikel. Lantaran timsesnya sering menyebut-nyebut tentang LFP.

BACA JUGA:Apa Itu Greenflation, Fenomena yang Ditanyakan Gibran ke Mahfud Md Saat Debat Cawapres?

Gibran kembali ditegur karena menggunakan singkatan yang tidak semua orang paham. "Itu sering digaungkan Pak Tom Lembong (co-captain Timnas AMIN, Red)," kata cawapres yang juga Wali Kota Solo tersebut.


GIBRAN singgung LFP dan Tom Lembong dalam debat cawapres, ini penjelasannya.-YouTube KPU-

Muhaimin Iskandar berusaha menjawab serangan dari Gibran. "Tenang, Pak Gibran. Semua ada etikanya. Termasuk di debat ini. Di sini bukan tebak-tebakan definisi. Kita levelnya policy dan kebijakan," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Ia kemudian menjelaskan tentang visi dan misi AMIN terkait sumber daya alam. Setelah itu, Muhaimin kembali mengingatkan Gibran bahwa debat merupakan forum adu rencana kebijakan.

"Saya ragu kita ini SD atau SMP. Jangan-jangan ijazah kita palsu semua di sini," kata Muhaimin dengan nada pedas.

BACA JUGA:Disebut Ofensif Pada Muhaimin dan Mahfud Md, Gibran Hanya Bilang Begini

BACA JUGA:Gibran dan Pendukung Tampil dengan Jaket Naruto Berlogo Klan Uzumaki

Tapi, apa sebenarnya LFP itu?

LFP adalah singkatan dari lithium ferro-phosphate. Bisa disebut juga dengan lithium iron phosphate. Yakni jenis baterai yang mulai banyak digunakan pada kendaraan listrik generasi terbaru. Tersusun dari litium dan ferum (besi).

Sebelumnya, mobil listrik banyak menggunakan baterai lithium-ion. Ngomong-ngomong, apa yang dikatakan Tom Lembong tentang LFP?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber