Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartosuro-Klaten Tuntas Juli 2024

Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartosuro-Klaten Tuntas Juli 2024

Jalan Tol Solo-Yogyakarta ruas Kartosuro-Klaten yang tengah dikebut pengerjaannya-Kementerian PUPR-

KLATEN, HARIAN DISWAY - Jalan Tol Yogyakarta - Solo Ruas Kartosuro - Klaten ditargetkan rampung dan beroperasi pada Juli 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Minggu 21 Januari 2024. 

Berdasarkan catatan PUPR, ruas Kartasura-Klaten sudah dapat digunakan secara fungsional sepanjang 22,3 km, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan siap untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024. 

Secara keseluruhan, ruas  Kartosuro - Klaten sepanjang 22,3 km tuntas di Juli 2024, sedangkan ruas Klaten - Purwomartani sepanjang 20 km ditargetkan tuntas di akhir September 2024.

BACA JUGA:Jembatan Tol Ngasem Dekat Tugu Kartasura Mulai Dikerjakan, Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segera Rampung.

Basuki mengatakan, pembangunan jalan tol Yogya - Solo tersebut akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah. 

“Jalan Tol Yogyakarta - Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang - Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan  Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar)”, kata Basuki.


Jalur layang Jalan tol Solo-Yogyakarta di ruas Klaten-Purwomatani-Kementerian PUPR-

Konstruksi ruas Kartasura-Klaten ditargetkan selesai 100 persen pada Juli 2024 dan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km tuntas pada akhir Desember 2024. 

Menteri Basuki terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogja Solo Marga Makmur untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol dari Kartosuro arah ke Yogyakarta yang akan menjadi bagian dari Sistem Jaringan Tol Trans Jawa. 

BACA JUGA:Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024

Kehadiran tol ini akan mengurangi beban jalan nasional Yogyakarta - Solo yang saat ini kondisinya kerap macet, khususnya  menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor menuju Candi Prambanan. 

Jalan tol ini juga dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Yogya ke Solo dan sebaliknya, serta menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo

Jalan Tol Solo - Yogyakarta hingga NYIA Kulonprogo secara keseluruhan memiliki panjang 96,57 km terdiri dari 3 seksi, Seksi 1 Solo - Klaten - Purwomartani (42,3 km), Seksi 2  Purwomartani - Monjali - Sleman (16 km), dan Seksi 3 Gamping - Kulonprogo (38,57 km).(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: