Jembatan Tol Ngasem Dekat Tugu Kartasura Mulai Dikerjakan, Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segera Rampung.

Jembatan Tol Ngasem Dekat Tugu Kartasura Mulai Dikerjakan, Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segera Rampung.

Pemasangan girder bentang jembatan Jalan Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Yogyakarta yang melintasi jalan nasional Solo-Semarang. Jembatan ini akan menghubungkan ke Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo-Jasa Marga Jogja-Solo-

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAY - Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta - Bandara YIA Kulon Progo tahap 1 mendekati penyelesaian. PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mulai mengerjakan jembatan Ngasem. 

Pembangunan jembatan tersebut berada di titik STA 0+500 ruas paling utara dari Jalan Tol Jogja-Solo tersebut ditandai dengan instalasi balok jembatan (erection girder). Jembatan tersebut akan menjadi penghubung Jalan Tol Jogja-Solo dan Jalan Tol Trans-Jawa Semarang-Solo.  

Kegiatan instalasi balok jembatan ini ditargetkan untuk dilaksanakan selama 4 (empat) hari berturut-turut yaitu pada periode 30 Oktober sampai 2 November 2023, mulai pukul 22.00 sampai 04.00 WIB.


Pekerja konstruksi bersiap memasang erection girder jembatan Ngasem di Jalan Tol Jogja-Solo-PT JMJ-

BACA JUGA:Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024

Direktur Utama PT JMJ Suchandra Hutabarat mengatakan Jembatan Ngasem merupakan titik awal dari Jalan Tol Solo-Yogyakarta - YIA Kulon Progo yang sekaligus menjadi penghubung jalan tol ini menuju Jalan Tol Trans-Jawa.

“Jumlah balok jembatan yang akan diinstalasi adalah sebanyak 12 buah dengan berat 80 ton dan panjang 40,8 meter,” kata Suchandra selasa, 31 Oktober 2023. 

Erection ini dilaksanakan pada bentang antara dua pilar jembatan (Pier) yang berlokasi di atas pertigaan exit tol Colomadu, setelah sebelumnya dilakukan pekerjaan stressing girder (balok jembatan) selama sepekan terakhir. 

“Proses Erection Girder memiliki banyak aspek teknis yang perlu diperhatikan berdasarkan kriteria kualitas, waktu, biaya, metode dan resiko,” jelas Suchandra.


Pengalihan lalu lintas selama pemasangan jembatan Ngasem di Jalan Tol Jogja-Solo-PT JMJ -

Selain itu, guna meminimalisir dampak terhadap lalu lintas di pertigaan Exit Tol Colomadu tersebut, PT JMJ kata Suchandra bersama pihak Kepolisian memberlakukan rekayasa arus lalu lintas pada saat pelaksanaan pekerjaan erection girder. 

BACA JUGA:Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai, Pembebasan Tanah Masih 65 Persen

Rekayasa antara lain untuk kendaraan dari dan menuju arah Tugu Kartasura atau arah Boyolali diimbau untuk mencari jalur alternatif melalui Jalan Sawit untuk keluar di Simpang Tiga Pengging, Simpang Tiga Randusari atau Simpang empat Tegal Wire.  

Suchandra juga menambahkan bahwa pengerjaan Erection Girder di Persimpangan Exit Tol Colomadu ini sesuai dengan target yaitu dilaksanakan sebelum libur panjang dalam rangka Hari Raya Natal 2023 & Tahun Baru 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: