Qatar vs Tiongkok 1-0, Tuan Rumah Bukukan Poin Sempurna!

Qatar vs Tiongkok 1-0, Tuan Rumah Bukukan Poin Sempurna!

QATAR vs Tiongkok 1-0, tuan rumah bukukan poin sempurna! Foto: Para pemain Qatar merayakan kemenangan atas Tiongkok.-Karim Jafaar-AFP

Namun Timnas Tiongkok bisa sesekali membahayakan gawang tuan rumah. Seperti peluang Wei Shihao di menit ke-7. Tendangan kerasnya nyaris merobek gawang Qatar.


QATAR vs Tiongkok 1-0, tuan rumah bukukan poin sempurna! Foto: Pemain Tiongkok Jiang Shenglong berusaha menembus pertahanan Qatar. -Giuseppe Cacace-AFP

Beruntung sepakan Shihao itu masih melebar tipis di sisi kanan gawang The Maroon. Seiring berjalannya waktu, tempo permainan cenderung menurun, dan kedua tim kesulitan menciptakan peluang berbahaya.

Menjelang babak pertama usai, kemelut terjadi di mulut gawang Qatar.  Pada menit ke-36, Wei Shihao gagal memanfaatkan peluang emasnya. Padahal dirinya sudah berhadapan langsung dengan kiper Qatar, Saad Al Sheeb. 

Pemain nomor 20 itu tidak mampu mencetak gol. Tendangan keras Wei Shih masih hanya mengenai tubuh Saad Al Sheeb. Babak pertama pun berakhir tanpa gol tercipta, dengan skor kacamata 0-0.

BACA JUGA:Vietnam vs Indonesia 0-1: Buah Kecerdikan Shin Tae-yong Bangun Pertahanan

Memasuki babak kedua, Qatar tetap mendominasi permainan. Gol yang ditunggu-tunggu The Marron baru lahir saat laga memasuki menit 66. Takdir berubah saat Hassan Al Haydos menjebol gawang Timnas Tiongkok di menit ke-66. 

Gol tersebut bermula dari sepak pojok Akram Afif, yang kemudian disambut dengan sepakan setengah voli Hassan Al Haydos. Tendangannya itu dilesakkan dari luar kotak penalti. Bola meluncur dengan kencang ke pojok kanan gawang China, membuat Qatar unggul 1-0.

Merespons gol Qatar itu, Timnas Tiongkok mencoba mengejar ketertinggalan dengan merangkai serangan. Mereka pun berhasil membalas dengan mencetak gol pada menit ke-87.


Klasemen akhir Grup A Piala Asia 2023-Google-

BACA JUGA:Hongkong Kalah Tipis 0-1 dari Iran, Tim Melli Susul Irak dan Qatar ke 16 Besar Piala Asia

Namun gol tersebut dianulir, karena bola sudah meninggalkan lapangan terlebih dahulu. Hingga pertandingan selesai, Qatar tidak bisa menambah keunggulan dan China gagal menyamakan kedudukan.

Akhirnya, Qatar memenangkan pertandingan dengan skor akhir 1-0. The Maroon menjaga rekor sempurna mereka di babak penyisihan Grup A. Mereka menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan, sehingga mengemas poin 9.

"Semua 26 pemain yang bermain di 3 pertandingan kami telah menampilkan performa spektakuler," kata Hassan Al Haydos kepada AFP.

"Tiga poin ini sangat penting bagi moral kami. Kami telah menyelesaikan penyisihan grup dengan poin maksimal, dan kami akan berkonsentrasi di babak 16 Besar," tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp