Qatar vs Tiongkok 1-0, Tuan Rumah Bukukan Poin Sempurna!

Qatar vs Tiongkok 1-0, Tuan Rumah Bukukan Poin Sempurna!

QATAR vs Tiongkok 1-0, tuan rumah bukukan poin sempurna! Foto: Para pemain Qatar merayakan kemenangan atas Tiongkok.-Karim Jafaar-AFP

HARIAN DISWAY - Pertandingan terakhir Grup A Piala Asia 2023 jadi saksi kejayaan Timnas Qatar yang berhasil mengungguli Tiongkok. The Maroon (sebutan Qatar) menang dengan skor tipis 1-0 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, 22 Januari 2024.

Hal itu membuat peluang Tiongkok melaju ke babak knockout tertutup. Mereka gagal mencetak gol di tiga laga. Dan hanya bisa berharap tim lain tampil lebih buruk untuk mengamankan tiket lewat jalur peringkat 3 terbaik.

Padahal, di grup yang sama, Tajikistan mengalahkan Lebanon di 2-1 malam itu. Sehingga meloncat ke posisi kedua. Dan memastikan satu tiket ke babak 16 Besar dari Grup A.

BACA JUGA:Indonesia Hadapi Laga Hidup dan Mati Piala Asia, Berharap Shin Tae-yong Ulangi Kejutan Piala Dunia 2018

Tiongkok benar-benar membutuhkan keajaiban matematis untuk bergabung dengan Qatar dan Tajikistan ke babak kedua. Sebab, mereka hanya mengumpulkan 2 poin. Sementara Oman, Syria, dan Palestina punya 1 poin. Tapi masih punya tabungan satu laga.


QATAR vs Tiongkok 1-0, tuan rumah bukukan poin sempurna! Foto: situasi kontras para pemain Tiongkok yang sedih sementara pemain Qatar berselebrasi.-Karim Jafaar-AFP

"Di tiga laga yang kami mainkan, banyak sekali kesempatan yang terbuang sia-sia," kata pelatih Tiongkok Aleksandar Jankovic kepada AFP.

"Kalau kamu enggak mencetak gol, kamu tidak bisa mengharapkan hasil yang besar. Kami tentu kecewa. Karena nasib tidak berada di tangan kami lagi sekarang," papar pelatih asal Serbia tersebut.

BACA JUGA:Asian Cup 2024: Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar, Indonesia Gimana?

BACA JUGA:Bahrain vs Malaysia 1-0, Harimau Malaya Tersingkir dari Piala Asia 2023

Dalam laga tadi malam, Qatar yang sudah mengamankan tempat di babak 16 besar, tetap bermain menyerang. Buktinya, saat-saat awal pertandingan, Qatar mendapatkan peluang emas melalui tandukan Boualem Khoukhi.

Penyerang sayap asal klub Al-Sadd itu, berhasil membahayakan gawang Tiongkok pada menit keempat. Sayangnya, laju bola masih dengan  mudah diamankan oleh kiper China, Junling Yan.

Kendati gagal, tim tuan rumah tidak menyerah begitu saja. Mereka terus mengurung lini belakang Tiongkok. Peluang demi peluang berdatangan bagi The Maroon.

BACA JUGA:Preview Indonesia vs Jepang: Laga Hidup dan Mati Garuda di Piala Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp