Indonesia Hadapi Laga Hidup dan Mati Piala Asia, Berharap Shin Tae-yong Ulangi Kejutan Piala Dunia 2018

Indonesia Hadapi Laga Hidup dan Mati Piala Asia, Berharap Shin Tae-yong Ulangi Kejutan Piala Dunia 2018

VIETNAM vs Indonesia 0-1, buah kecerdikan Shin Tae-yong bangun pertahanan. Foto: Justin Hubner (kiri) berhasil menahan pergerakan Nguyen Van Toan di laga Grup D Piala Asia 2023, 19 Januari 2024.-Karim Jafaar-AFP

HARIAN DISWAY - Jelang pertandingan penentuan di babak penyisihan grup Piala Asia, timnas Indonesia masih memelihara harapan untuk finis di peringkat ketiga grup D meskipun peluangnya terlihat sangat tipis.

Dalam laga krusial melawan Timnas Jepang, timnas Indonesia memiliki peluang tetap bertahan di peringkat ketiga grup asalkan mengalami kekalahan dengan selisih gol hanya 1.

Adapun syarat lainnya adalah Timnas Vietnam harus berhasil meraih kemenangan telak melawan Timnas Irak untuk menutup defisit gol mereka yang mencapai -3. Dengan demikian, timnas Indonesia berpotensi unggul dalam perbandingan head to head dengan Timnas Vietnam.

Meski peluang terlihat kecil, timnas Indonesia tetap optimis. "Kami akan memberikan yang terbaik dan berharap hasilnya menguntungkan bagi kami," ujar Asnawi Mangkualam, salah satu pemain timnas Indonesia.

Namun, jika dilihat dari posisi peringkat ketiga di keenam grup, peluang timnas Indonesia untuk melaju ke babak 16 besar masih terbuka dengan kemungkinan sekitar 40 persen.

Pertandingan terakhir di masing-masing grup akan menjadi penentu utama bagi nasib timnas Indonesia.

Pertandingan di grup A, B, dan F yang sudah menentukan peringkat ketiga di masing-masing grup tidak akan menarik perhatian, karena fokusnya akan pada bagaimana tim-tim tersebut dapat meraih kemenangan dan menghindari hasil imbang.

BACA JUGA:Bahrain vs Malaysia 1-0, Harimau Malaya Tersingkir dari Piala Asia 2023

BACA JUGA:Preview Indonesia vs Jepang: Laga Hidup dan Mati Garuda di Piala Asia

Laga seru diantisipasi terjadi di grup C, di mana Palestina akan menghadapi Hong Kong. Keduanya memiliki defisit gol yang sama, yaitu -3, namun Palestina beruntung dengan koleksi 1 poin, sedangkan Hong Kong masih berada di posisi 0 poin.


Kemenangan Indonesia Atas Vietnam di Piala Asia 2023-AFC-

Grup D, yang melibatkan timnas Indonesia, akan menjadi sorotan utama. Dalam upaya mempertahankan posisi, Asnawi Mangkualam dkk harus mampu menahan serangan dari Wataru Endo dkk.

Hasil imbang di pertandingan ini masih akan menjaga defisit gol timnas Indonesia pada level -1, dan hasil laga di grup lainnya akan menjadi penentu empat tiket tersisa ke fase knockout Piala Asia.

Situasi di grup E terlihat lebih sulit, di mana Bahrain di peringkat ketiga akan menghadapi pemuncak grup, timnas Yordania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: