Soal Mahfud Md Mundur dari Kabinet Jokowi, Kok Baru Sekarang?

Soal Mahfud Md Mundur dari Kabinet Jokowi, Kok Baru Sekarang?

Ini Alasan Mahfud MD Baru Mundur dari Kabinet Jokowi--YouTube Mahfud MD Official

HARIAN DISWAY - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 03 Mahfud Md mengatakan akan segera mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI. Pertanyaannya, kenapa baru sekarang?

Ya, Mahfud Md mengatakan akan mundur dari kabinet Kabinet Indonesia Maju bentukan Presiden Joko Widodo pada Selasa malam, 23 Januari 2024.

Publik tentu bertanya-tanya, kenapa ia baru menyatakan ingin mundur sekarang. Ketika Pilpres 2024 sudah di depan mata. Coblosan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, kurang dari 3 pekan lagi.

BACA JUGA:Jokowi Restui Mahfud Md Mundur, Ini Efeknya Buat Pasangan Calon 03

Seharusnya, ia mundur ketika ditunjuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo pada Oktober 2023 lalu. Namun, keinginan mundur memang tidak semata-mata ia ambil karena ia turut berkontestasi dalam Pilpres 2024. Melainkan sebagai bentuk protes keras dan kritik moral terhadap situasi politik yang dianggapnya tidak sehat.


SOAL Mahfud Md Mundur dari kabinet Jokowi, kok baru sekarang?-Raka Denny-Harian Disway-

Pertama, Mahfud Md mengungkap bahwa secara aturan, ia tidak dilarang untuk memegang dua jabatan tersebut secara bersamaan.

Selama kampanye berlangsung, tugasnya sebagai menteri tetap dituntaskan. Ia juga tidak menyalahgunakan jabatan untuk memperoleh fasilitas pemerintahan.

BACA JUGA:Goodbye Jokowi, Mahfud MD Akan Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

BACA JUGA:Mahfud MD Sentil Menteri yang Jadi Timses dan Pakai Fasilitas Negara, Siapa Tuh?

"Satu, menurut aturan, itu (menjadi capres/cawapres, Red) tidak dilarang," kata Mahfud Md dalam acara Tabrak Prof! di Semarang. "Dulu yang tidak dilarang itu menteri, pejabat-pejabat pusat lah," imbuhnya.

"Tetapi, menjelang Pilpres 2024, ditambah lagi aturannya. Bahkan wali kota pun ya tidak harus mundur. Aturannya ditambah. Padahal itu aturan lama yang hanya menyebut menteri dan pejabat-pejabat tertentu," paparnya.

Alasan kedua yang diungkap oleh Mahfud Md adalah niatnya untuk memberikan contoh tentang apakah seorang calon wakil presiden yang merangkap jabatan dapat memanfaatkan fasilitas negara atau tidak.


SOAL Mahfud Md Mundur dari kabinet Jokowi, kok baru sekarang? Foto: Mahfud Md mendampingi Jokowi dalam sebuah acara.-Raka Denny-Harian Disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: