Goodbye Jokowi, Mahfud MD Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

Goodbye Jokowi, Mahfud MD Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

Mahfud MD menyatakan mundur dari Kabinet Indonesia Maju, atau mundur sebagai Menkopolhukam. Keputusan itu disampaikan di acara Tabrak, Prof!, Selasa, 24 Januari 2024.-TPN Ganjar-Mahfud MD-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengumumkan niatnya untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju sebagai bentuk protes keras dan kritik moral terhadap situasi politik yang dianggapnya tidak sehat.

Keputusan ini diambil dalam interaksi dengan anak muda Semarang, Jawa Tengah, pada kegiatan "Tabrak Prof!".

Mahfud MD menanggapi pertanyaan seorang peserta yang menyampaikan kekhawatiran terkait indikasi penyimpangan kekuasaan dan ketidaknetralan negara dalam penyelenggaraan pemilu.

Ia juga mencatat adanya pengerahan aparat dan tindakan Presiden yang dinilai kontroversial terkait perangkat desa.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo, calon Presiden nomor urut 3, merekomendasikan Mahfud MD untuk mundur dari jabatan Menko Polhukam guna menjaga integritas pemilu dan menghindari konflik kepentingan.

BACA JUGA:Mahfud MD Sentil Menteri yang Jadi Timses dan Pakai Fasilitas Negara, Siapa Tuh?

BACA JUGA:Walhi dan Greenpeace Luruskan Maksud Greenflation yang Ditanyakan Gibran kepada Mahfud MD di Debat Cawapres

Mahfud MD menanggapi saran tersebut dengan tegas, menyatakan bahwa keputusan untuk mundur sudah menjadi kesepakatan bersama sejak awal.

"Saya ingin memberi contoh, kalau saya ini menjadi cawapres yang masih merangkap, apakah saya menggunakan kedudukan untuk memanfaatkan fasilitas negara? Ini sudah tiga bulan saya lakukan, saya tidak pernah menggunakan fasilitas negara," ujar Mahfud MD.

Meskipun telah berusaha memberikan contoh tentang tidak menyalahgunakan fasilitas negara, Mahfud MD mengakui bahwa upayanya tidak berhasil.

Beberapa menteri yang terlibat dalam tim sukses paslon tertentu masih terus menggunakan fasilitas negara, menurutnya.

BACA JUGA:Bukan Gibran, Muhaimin Sebut Mahfud MD Adalah Lawan Debat Terbaik dan Produktif dalam Debat Cawapres 2024

BACA JUGA:Apa Itu Greenflation, Fenomena yang Ditanyakan Gibran ke Mahfud Md Saat Debat Cawapres?

"Situasinya tidak berimbang, pihak lain menggunakan jabatan, diantar dan sebagainya, malah menteri yang tidak ada kaitannya dengan politik sudah ikut tim sukses," sindir Mahfud MD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: