Kurangi Emisi Karbon, Ribuan Cemara Laut dan Mangrove Ditanam dalam Program Planet Pasionate Coomunities

Kurangi Emisi Karbon, Ribuan Cemara Laut dan Mangrove Ditanam dalam Program Planet Pasionate Coomunities

Kolaborasi bersama Kingspan dan Onduline ini merupakan upaya Bukalapak untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi sebanyak mungkin masyarakat melalui berbagai aspek. Termasuk aspek lingkungan. -Fairuza AI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Dalam kegiatan bertajuk Penanaman 1000 Pohon, 150 pohon cemara laut dan 850 mangrove disebar untuk menghijaukan Mangrove Nguling, Pasuruan. Kegiatan yang merupakan bagian dari Planet Passionate Communities itu dilakukan Onduline berkolaborasi dengan Kingspan dan Bukalapak.

Kegiatan pada 23 Januari 2024 itu dilakukan sebagai bagian dari upaya konservasi lingkungan dan pemulihan ekosistem pesisir. Kedua tanaman ini mampu menahan erosi tanah dan memperbaiki kualitas air. Selain itu dikenal dari kemampuannya dalam menyerap karbon dioksida dengan mengurangi produksi karbon.

BACA JUGA: Dukung Sustainability, Ascott East Java Tanam Seribu Pohon Mangrove di Pesisir Wonorejo

Dijelaskan Onduline Asia Pacific Director Olivier Guilluy, inisiatif khusus ini didedikasikan dalam salah satu program Planet Passionate Communities yang sangat erat dengan komunitas lokal seperti program penanaman pohon.
Kolaborasi bersama Kingspan dan Onduline ini merupakan upaya Bukalapak untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi sebanyak mungkin masyarakat melalui berbagai aspek. Termasuk aspek lingkungan. -Fairuza AI-

Program keberlanjutan berskala global milik Kingspan yang sejalan dengan global goal PBB. Pihaknya telah komitmen selama 10 tahun yang menjalanakan empat fokus yakni pada karbon, energi, sirkularitas, dan air. “Kingspan dan Onduline mempunyai misi untuk melaksanakan program ini di tingkat nasional melalui berbagai inisiatif lokal,” jelasnya. 

Dalam melaksanakannya, Onduline selalu antusias untuk bekerja sama dengan berbagai perusahaan, organisasi, maupun komunitas di seluruh dunia yang memiliki misi yang sama di bidang keberlanjutan lingkungan. 

“Karena itu dengan tujuan yang sama untuk menciptakan dampak positif yang menyeluruh, kami senang dapat berkolaborasi dengan Bukalapak. Ini inisiatif lokal pertama kami. Tapi kami berharap dapat terus membawa hasil yang berkelanjutan bersama Bukalapak maupun kolaborator lokal lainnya di masa mendatang,” ujarnya.

Sejalan dengan pendapat Olivier, Plant Manager PT Onduline Manufaktur Indonesia Rama Krishnan menyampaikan bahwa Onduline bersama Kingspan senang karena kegiatan ini selaras dengan gerakan Planet Passionate. Pihaknya memang senantiasa mendukung masyarakat dan komunitas di seluruh dunia.

"Termasuk di Indonesia dalam mempromosikan praktik berkelanjutan yaitu konsep yang melibatkan praktik yang tidak merusak atau menguras sumber daya alam yang terbatas, dengan menggunakan sumber bahan-bahan secara bertanggung jawab,” katanya.

BACA JUGA: DLHKP Kota Pasuruan Luncurkan Program Sedekah Bibit Pohon

Ditambahkan CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak Victor Lesmana, selain penanaman bibit, kegiatan melibatkan Geotagging Process yang memungkinkan seluruh kolaborator untuk melacak atau mengetahui lokasi spesifik di mana letak dari bibit yang sudah ditanam.
Kebersamaan Onduline yang sukses berkolaborasi dengan Kingspan dan Bukalapak ini dalam gerakan Planet Passionate. Pihaknya memang senantiasa mendukung masyarakat dan komunitas di seluruh dunia. -Fairuza AI-

Tidak hanya penanaman pohon, Kingspan, Onduline, dan Bukalapak berkomitmen untuk terus bertanggung jawab atas bibit yang sudah ditanam. Caranya dengan melakukan monitoring pertumbuhannya di platform tanamkebaikan.com yang akan secara konsisten memberikan informasi pertumbuhan setiap dua tahun sekali.

"Kolaborasi bersama Kingspan dan Onduline ini merupakan upaya Bukalapak untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi sebanyak mungkin masyarakat melalui berbagai aspek. Termasuk aspek lingkungan. Inisiatif ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung pemenuhan Sustainable Development Goals milik PBB”, ujarnya. (Fairuza Ahmad Iqbal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: