Sowan ke Kesultanan Ternate, Anies Baswedan Salat Duha di Kamar Sultan hingga Melihat Mahkota Berumur 800 Tahun

Sowan ke Kesultanan Ternate, Anies Baswedan Salat Duha di Kamar Sultan hingga Melihat Mahkota Berumur 800 Tahun

Anies Baswedan memulai giat kampanye akbar di Maluku Utara dengan menyambangi kediaman Kedaton Kesultanan Ternate untuk bertemu dengan Sultan Ternate ke-49. -Timnas AMIN-

TERNATE, HARIAN DISWAY - Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan, memulai kampanye akbar di Maluku Utara dengan menyambangi kediaman Kedaton Kesultanan TERNATE untuk bertemu dengan Sultan TERNATE ke-49, Jumat, 26 Januari 2024.

Anies menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan bersilaturahmi dengan Sultan Ternate yang dianggapnya sebagai sebuah kehormatan

"Kami bersyukur sekali bisa bersilaturahmi dengan Sultan Ternate ke-49. Ini adalah sebuah kehormatan karena kita datang ke sebuah Kesultanan yang menjadi legenda di Nusantara," kata Anies kepada wartawan di Kedaton Kesultanan Ternate, Maluku Utara.

Anies mengungkapkan apresiasinya terhadap Kesultanan yang telah berusia lebih dari 800 tahun, menyebutnya sebagai legenda yang telah menjangkau dunia dalam rentang waktu yang sangat panjang.

Menurutnya, Kesultanan Ternate memiliki adat dan tradisi yang kuat, menjadi pilar penopang bagi kekuatan kebudayaan dan persatuan Indonesia.

BACA JUGA:Anies Undang Alumni Indonesia Mengajar di Ternate, Bagikan Kisah Inspiratif

BACA JUGA:Di Hadapan Ribuan Masyarakat Ternate, Anies Bertekad Meneruskan Perjuangan 14 Tahun Lalu

Selama kunjungannya, Anies juga menceritakan pengalaman uniknya di Kesultanan Ternate. Ia mengikuti prosesi adat Joko Kaha, yang merupakan penyucian kaki sebelum tamu memasuki Kedaton. Anies juga menyempatkan diri Salat Duha di kamar sultan.

Anies juga berkesempatan melakukan salat Dhuha di Kamar Puji, tempat ibadah khusus para Sultan, dan melihat secara dekat mahkota berumur 800 tahun.

"Tadi ada prosesi yang kami lewati, prosesi yang sangat unik, pertama kali juga kami jalani kemudian di dalam berdiskusi dengan Bapak Sultan mendengar cerita dan pengalaman," kata Anies, menjelaskan pengalaman uniknya.

"Jadi ini adalah sebuah perjalanan kulturan sekaligus pesan bahwa di tanah ini sudah ada kemakmuran, sudah ada kesejahteraan, sudah ada jangkauan dunia yang amat panjang. Mudah-mudahan dengan perubahan yang akan kita laksana dapat mengembalikan tempat ini menjadi tempat yang memberikan kemajuan," tambahnya.

Kunjungan Anies ke Kesultanan Ternate tidak hanya menjadi momen politik, tetapi juga membawa pengalaman kultural yang memperkaya pemahaman akan sejarah dan tradisi Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: