Militer Israel Buldozer Pemakaman Warga di Gaza Selatan, Banyak Jenazah Dicuri

Militer Israel Buldozer Pemakaman Warga di Gaza Selatan, Banyak Jenazah Dicuri

Potret pemakaman umum warga Gaza yang hancur akibat pembongkaran paksa dari buldozer Israel di Khan Younis, Gaza Selatan pada Rabu, 17 Januari 2024. -Jehad Alshrafi/Anadolu/Getty Images-

HARIAN DISWAY - Pasukan militer Israel membongkar paksa sebuah pemakaman umum warga Gaza di Khan Younis, Gaza Selatan.

Selain merusak menggunakan buldozer, mereka juga menculik jenazah dalam pemakaman itu.

Berdasarkan video yang telah beredar luas di media sosial, terlihat tempat pemakaman menunjukkan struktur pemakaman yang hancur berserakan berupa dinding pemakaman yang hancur. 

Beberapa jenazah warga Gaza juga terlihat akibat pembongkaran paksa pemakaman yang dilakukan oleh Israel itu.

Mayoritas warga Gaza yang dimakamkan di situ adalah warga Palestina dengan jumlah ribuan orang. Pemakaman itu terletak beberapa ratus meter dari Rumah Sakit Nasser, Khan Younis, Gaza Selatan.

BACA JUGA: Salah Sasaran? Houthi Yaman Tembak Kapal Rusia di Laut Merah

BACA JUGA:Termakan Tudingan Israel, 9 Negara Ini Stop Dana ke Badan PBB untuk Palestina

Mohammad Salama, seorang videographer lepas yang menjadi saksi mata pembongkaran tersebut, menceritakan kronologi peristiwa tersebut dapat terjadi. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 17 Januari 2024 pagi hari.

“Kendaraan melaju pada tengah malam, dan tentara mulai melancarkan serangan yang sangat kejam. Terjadi baku tembak, bentrokan sengit, dan penembakan artileri. Pengeboman berlanjut hingga jam 6 pagi,” jelas Salama pada Kamis, 18 Januari 2024, dilansir dari NBC News.

Jurnalis foto independen Mohammed El Helo juga ikut menjadi saksi mata atas pembongkaran pemakaman yang dilakukan oleh Israel itu.

BACA JUGA:Sowan Prof. Emil Salim, Anies Diajak Bicarakan Indonesia di Masa Depan

BACA JUGA:Etika Netralitas dalam Pemilu: Antara Ethics Weber dan Wolf

“Kami menyaksikan dengan mata kepala sendiri keesokan paginya ketika tank-tank pendudukan mundur dari kuburan. Dan sesungguhnya ada mayat-mayat yang dicuri dari kuburan ini,” kata Mohammed El Helo.


Potret pemakaman umum warga Gaza yang hancur akibat pembongkaran paksa dari buldozer Israel di Khan Younis, Gaza Selatan pada Rabu, 17 Januari 2024. Beberapa titik kuburan dihancurkan, kemudian jenazahnya diculik oleh Israel. -Jehad Alshrafi/Anadolu/Getty Images-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: