Politik Bakso Mbelingnya Jokowi

Politik Bakso Mbelingnya Jokowi

Ilustrasi politik bakso Jokowi.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Tak dinyana, Presiden Jokowi mbeling. Baru ketahuan belakangan ini. Setelah ia digunjing isu politik dinasti, disusul pernyataannya bahwa presiden RI boleh memihak (betul, berdasar UU Pemilu, Pasal 299 Ayat 1). Terbaru, ”politik bakso”, Jokowi makan bakso dengan Prabowo Subianto.

MBELING dalam bahasa Jawa berarti nakal. Biasa ditujukan untuk anak kecil yang suka menggoda teman, pria atau wanita. Bisa juga ditujukan untuk orang dewasa yang suka bercanda, menggoda teman.

Jokowi sudah beberapa kali digunjing masyarakat, khususnya pihak partai politik pengusung capres-cawapres nomor urut 1 dan 3. Pertama, dengan istilah politik dinasti. 

BACA JUGA: Di Surabaya Ada Warung Bakso yang Sediakan LC dan Minol

Ketika Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman ikut jadi hakim yang putusannya menguntungkan Gibran Rakabuming Raka sehingga bisa jadi cawapres pada usia 36 tahun, Jokowi digunjing hebat. Lalu, reda ditelan waktu.

Tahu-tahu, Jokowi mengatakan bahwa presiden RI boleh memihak (dalam Pilpres 2024). Itu dikatakan Jokowi kepada wartawan di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 24 Januari 2024. Begini:

”Presiden itu boleh loh kampanye. Presiden itu boleh loh memihak. Boleh, tetapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara.” 

BACA JUGA: Rekomendasi 4 Warung Bakso Terlezat di Surabaya tapi Harganya Ramah

Pernyataan Jokowi itu diucapkan setelah heboh wacana pemakzulan dengan alasan Jokowi memihak. Maka, wartawan bertanya, apakah Jokowi memihak dalam Pilpres 2024? Dijawab Jokowi begini (bergurau):

”Nah… Itu yang saya mau tanya, memihak ndak?” ujar Jokowi, lantas tertawa.

Dilanjut: ”Presiden berkampanye boleh, sesuai undang-undang. Memihak juga boleh. Tapi, kan dilakukan atau tidak dilakukan, itu terserah individu (presiden dan wakil presiden) masing-masing.”

Jawaban Jokowi terdengar santai. Bisa ditafsirkan meledek lawan politiknya. Tepatnya, meledek kelompok kompetitor capres-cawapres nomor urut 1 dan 3, saingan politik Prabowo-Gibran. 

BACA JUGA: Asyiknya Kuliner Bakso Bucin Buatan Cindy Zumi: Disajikan Prasmanan, Bisa Meracik Sendiri Lo!

Terbaru, Jokowi mengajak capres Prabowo makan bakso di warung bakso di Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin, 29 Januari 2024. Pertemuan itu diliput banyak wartawan. Wartawan menjuluki pertemuan tersebut sebagai ”politik bakso”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: