Nation Star Academy Kenalkan Tradisi pada Mahasiswa Asing: Pahami Kebersamaan dari Gamelan

Nation Star Academy Kenalkan Tradisi pada Mahasiswa Asing: Pahami Kebersamaan dari Gamelan

Siswa Nation Star Academy Surabaya mengajarkan cara bermain kulintang pada para mahasiswa dan dosen asing dari sembilan negara yang berkubu pada 30 Januari 2024. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

Selain belajar gamelan mereka juga mempelajari alat musik angklung dan kulintang. Sujong Jun, mahasiswa asal Korea Selatan tertarik dengan kulintang. Sebab, dua nada dapat dimainkan bersamaan dengan satu alat pukul, dengan satu nada lainnya. "Memainkan musik dengan tiga nada sekaligus? Seperti memetik not piano atau gitar, ya," katanya.
Siswi Nation Star Academy membimbing para mahasiswa dan dosen asing belajar memainkan lagu Gundul Gundul Pacul dengan gamelan. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

Ia dibimbing oleh Aubrey Liem, siswi kelas 8, dan Vanya Princelle, siswi kelas 9. Lagu yang dibawakan pun sama dengan ketika memainkan gamelan. Yakni Gundul-Gundul Pacul. Saat bermain angklung, masing-masing mereka memegang satu angklung dengan satu karakter nada.

BACA JUGA: Paket Komplet, Langgam, Gamelan, hingga Jaranan

Hikmahnya, bahwa musik tradisi Indonesia selalu dimainkan bersamaan. Budaya egaliter dan penuh nuansa kebersamaan. Jelas berbeda dengan budaya negara mereka yang beberapa di antaranya cenderung individualistik. Lewat tradisi, mereka belajar bersosialisasi dan saling bekerja sama.

Yang menarik lagi, para tamu juga mendapat penjelasan tentang makna kultural dari gamelan, angklung, dan kulintang yang mereka coba mainkan selama kunjungan.

“Sebagai alat musik yang dimainkan secara kolektif, gamelan bermakna membangun kebersamaan, kekompakan, dan hubungan erat dengan sesama. Pun musik tradisional merupakan sarana ekspresi budaya untuk membangun koneksi antara manusia dan semesta,” ujar Ihwan. (Heti Palestina Yunani-Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: