Telkom Tebar 10 Ribu Bibit untuk Bangun Ekosistem di Desa Madenan dan Desa Les

Telkom Tebar 10 Ribu Bibit untuk Bangun Ekosistem di Desa Madenan dan Desa Les

GM Telkom Singaraja Gede Arka Puniatmaja (kaus putih) didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng, Gede Melandrat dan Camat Tejakula, Gede Suyasa melakukan penanaman pohon secara simbolis di lahan Desa Madenan, Kamis, 20 Juni 2024. -Telkom-

BULELENG, HARIAN DISWAY – Dua desa yakni Madenan dan Les di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali, menerima 10 ribu bibit pohon produksi dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Bantuan yang diberikan dari unit corporate social responsibility (CSR) itu meliputi bibit pohon durian kiraja, alpukat jebelo, dan manggis gempeng. Semuanya akan ditanam di area seluas lebih kurang 20 hektare. 

Bantuan itu diharapkan membuat para petani lebih produktif dan meningkatkan kapasitas ekonomi. Selain itu, jenis pohon yang diberikan dalam program CSR ini bermanfaat dapat mencegah erosi dan tanah longsor.

BACA JUGA: Satelit Merah Putih 2 Telkom Sukses Meluncur ke Orbit

Lebih dari itu, buah-buah yang dihasilkan nantinya dapat mendukung kegiatan produksi berbagai UMKM  panganan maupun mendukung aktivitas agrowisata yang ada di Kabupaten Buleleng.
General Manager Telkom Witel Singaraja Gede Arka Puniatmaja menjelaskan bahwa kegiatan yang bertema Menanam Pohon, Membangun Ekosistem pemberian bibit ini merupakan langkah nyata Telkom. -Telkom-

Aksi yang digelar bekerja sama dengan Yayasan Rumah Pintar Cahaya Kasih diterima kelompok tani di dua desa sebagai penerima manfaat setelah melalui seleksi dan penilaian.

Penyerahkan di Lapangan Desa Madenan pada Kamis, 20 Juni 2024 sekaligus diikuti penanaman bibit pohon secara simbolis. Dilakukan oleh Bupati Buleleng (Pjs) Ir. Ketut Lihadnyana M.M.A dan General Manager Telkom Witel Singaraja Gede Arka Puniatmaja.

BACA JUGA: Telkom Habiskan Rp3,5 Triliun untuk Satelit Merah Putih 2, Ini Fungsinya

Tampak pula Manager Shared Service & General Support Anak Agung Raka Wahyuni serta perwakilan Kelompok Tani Desa Madenan dan Desa Les sebagai penerima bibit.

Dalam sambutannya, Ketut menyampaikan rasa terima kasih kepada Telkom atas bantuan pemberian bibit pohon. Ia juga berpesan agar bibit-bibit pohon yang diberikan dirawat sebaik mungkin. 

Kepala desa dan koordinator Kelompok Tani setempat Gede Mustika mengungkapkan, sejalan dengan pakta integritas yang telah ditandatangani pihaknya berkomitmen dan menyatakan siap untuk menanam, dan menjaga, serta merawat bibit pohon yang telah diberikan.

BACA JUGA: Jelang Idulfitri, Telkom Siap Hadapi Kenaikan Trafik Telekomunikasi Sebesar 10 Persen

Dalam kesempatan yang lain, General Manager Telkom Witel Singaraja Gede Arka Puniatmaja menjelaskan bahwa kegiatan yang bertema Menanam Pohon, Membangun Ekosistem pemberian bibit ini merupakan langkah nyata Telkom.

Utamanya yang selalu konsisten mendukung salah satu program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) No. 15, yakni Menjaga Ekosistem Darat.
Bupati (Pjs) Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A menyampaikan rasa terima kasih kepada Telkom atas bantuan pemberian bibit pohon. Ia juga berpesan agar bibit-bibit pohon yang diberikan dirawat sebaik mungkin. -Telkom-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: