Jelang Debat Capres Terakhir, Pengamat: Anies Baswedan Punya Keunggulan Signifikan

Jelang Debat Capres Terakhir, Pengamat: Anies Baswedan Punya Keunggulan Signifikan

JELANG debat capres terakhir, pengamat: Anies Baswedan punya keunggulan signifikan. Foto: Anies Baswedan dalam debat ketiga, 7 Januari 2024.-YouTube KPU-

HARAN DISWAY - Debat terakhir calon presiden (capres) RI akan digelar KPU di Jakarta pada Minggu, 4 Februari 2024. Salah satu tema debat adalah mengenai sumber daya manusia dan teknologi informasi.

Pengamat dan praktisi public relations Dr Muhammad Sufyan menilai bahwa capres nomor urut 1 Anies Baswedan memiliki keunggulan signifikan dibandingkan dua capres lainnya di bidang tersebut. Yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Istilah manajemennya itu competitive advantage. Anies jelas lebih unggul di bidang sumber daya manusia dan teknologi informasi," ungkap Sufyan pada Sabtu, 3 Februari 2024.

BACA JUGA:Anies-Muhaimin Siap Kampanye Akbar di JIS, Undang Seluruh Pejuang Perubahan

"Sebelum punya posisi apapun, Anies sudah menggagas dan menjalankan Indonesia Mengajar. Itu adalah bentuk kepedulian terhadap kualitas pendidikan anak-anak Indonesia di pulau-pulau terpencil dan terluar di Indonesia," paparnya.

Anies Baswedan juga berpengalaman memimpin perguruan tinggi. Ia pernah menjadi rektor Universitas Paramadina. Pada 2014-2016, ia sempat menjabat sebagai menteri pendidikan. Hal itu tidak dimiliki oleh 2 kandidat lainnya.


JELANG debat capres terakhir, pengamat: Anies Baswedan punya keunggulan signifikan. Foto: Anies Baswedan dalam debat ketiga, 7 Januari 2024.-Raka Denny-Harian Disway-

Sufyan mengenang, saat Anies Baswedan menjabat rektor Universitas Paramadina, ia membuat mata kuliah antikorupsi. Saat menjadi menteri pendidikan pun, ia mengirimkan surat kepada seluruh guru di Tanah Air.

BACA JUGA:Tak Ada Persiapan Khusus untuk Debat Kelima, Anies Bakal Menjawab yang Memformulasikan Gagasannya

BACA JUGA:Tanggapi Akademisi Kritik Jokowi Jelang Pilpres 2024, Anies Bilang Itu Tanda Peduli Demokrasi

"Surat itu menyentuh hati para guru yang berada di garda depan pendidikan kita. Sesuatu yang tak terpikirkan dan mungkin dianggap sepele oleh para menteri pendidikan lain, tetapi dilakukan Anies," papar Sufyan.

Sedangkan di bidang teknologi informasi, Dr Sufyan memuji aplikasi JAKI yang dikembangkan Anies Baswedan selama menjadi gubernur DKI Jakarta pada 2017-2022.

JAKI merupakan super-app yang menyediakan layanan satu pintu untuk membantu keseharian warga. Lewat JAKI, warga bisa menikmati berbagai fitur layanan dan informasi. Mulai dari informasi ketersediaan pangan, baar pajak, hingga mencari titik WiFi. Lengkap banget, berguna banget.

BACA JUGA:Ketimpangan dan Ketidaksetaraan Jadi Prioritas Utama Anies untuk Diselesaikan jika Ia Presiden

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: