Ditanya Soal Gaji Guru yang Rendah, Begini Solusi Ketiga Capres 2024

Ditanya Soal Gaji Guru yang Rendah, Begini Solusi Ketiga Capres 2024

Capres 2024 nomor urut 1 Anies Baswedan, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam Debat Capres 2024 Kelima pada Minggu, 4 Februari 2024. -KPU RI-Youtube

“Jadi kita harus koreksi diri dan dimana masalah sistem yang kurang baik, harus kita perbaiki. Kita harus berani memperbaiki sistem yang kurang baik,” lanjut Prabowo.

Adapun Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menanggapi bahwa pemerintah tidak berlaku adil terkait gaji guru yang rendah ini.

BACA JUGA:Anies Pakai Tiga Bahasa Daerah di Akhir Penyampaian Visi-Misi Debat Capres

BACA JUGA:Hasil Liga 1 Persib Bandung vs Persis 2-2: Tiga Poin Maung Bandung Melayang di Akhir Laga

“Ketika guru SMA, SMK, SMP diberikan pada provinsi, maka pertanyaan pertama yang saya tanyakan adalah ‘berapa gajimu?’. (Guru itu menjawab), ‘300 ribu pak’. Sungguh tidak adil pemerintah ini,” tegas Ganjar.

Untuk itu, Ganjar memberikan solusi bahwa pemberian gaji guru harus sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP) atau upah minimum kota/kabupaten (UMK). Hal ini berdasarkan pengalaman Ganjar selama menjabat sebagai gubernur di Jawa Tengah.

“Maka pada saat itu saya sampaikan, kasih gaji sesuai UMP yang ada di Jawa Tengah, UMK yang ada di Jawa Tengah, tambah 10 persen, baru kemudian kita dorong proses sertifikasi dan peningkatan kapasitas,” jelas Ganjar.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: