Ditanya Soal Gaji Guru yang Rendah, Begini Solusi Ketiga Capres 2024

Ditanya Soal Gaji Guru yang Rendah, Begini Solusi Ketiga Capres 2024

Capres 2024 nomor urut 1 Anies Baswedan, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam Debat Capres 2024 Kelima pada Minggu, 4 Februari 2024. -KPU RI-Youtube

HARIAN DISWAY - Ketiga Capres 2024 memberikan solusi terkait permasalahan gaji guru yang rendah dalam sistem pendidikan Indonesia

Masing-masing calon presiden itu memiliki solusi yang berbeda, bahkan ada yang saling mendukung dalam Debat Capres 2024 Kelima pada Minggu, 4 Februari 2024.

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menanggapi bahwa permasalahan gaji guru yang rendah dapat diselesaikan melalui pegangan prinsip terkait kebijakan pemerintah yang berfokus pada kesejahteraan pendidik.

“Prinsip itu harus dipegang oleh seluruh penanggung jawab kebijakan di seluruh Indonesia. Kalau kita punya pegangan itu, maka terjemahannya itu mudah, terjemahan atas pertanyaan, apakah tenaga pendidikan – pendidik di tempat anda bertanggung jawab – sudah mendapatkan penghasilan yang adil dan setara,” jelas Anies.

BACA JUGA:Debat Capres Kelima: Ini Strategi Anies Baswedan untuk Persoalan Pekerja Migran Indonesia

BACA JUGA:Dijagokan di Debat Pamungkas, Anies: Kami Harus Menguasai Semua Tema

Untuk itu, Anies merencanakan kebijakan pemerintah yang berfokus pada kesejahteraan pendidik. 

Beberapa kebijakan itu meliputi percepatan sertifikasi guru, pengangkatan 700 ribu guru honorer menjadi guru PPPK, beasiswa untuk anak guru, dosen, dan tenaga kependidikan, tunjangan bagi dosen dan peneliti, hingga pengurangan beban administrasi.

Di sisi lain, Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menanggapi bahwa jawaban yang diberikan Anies itu sudah baik.

Namun, dia menambahkan bahwa pemerintah harus mengkaji sistem pendidikan Indonesia jika ingin menyelesaikan permasalahan gaji guru yang rendah.

“Kita mengkaji sistem kita ini baik atau tidak. Karena banyak sekali kebocoran-kebocoran dalam alokasi dana yang diturunkan, sampai ke tingkat kabupaten dan sebagainya,” jelas Prabowo.

BACA JUGA:Prabowo Janji Naikkan Gaji Guru Honorer Hingga Penyuluh Pertanian

BACA JUGA:TPD Sulut Amankan Basis Pemilih Jokowi untuk Anies-Muhaimin, Targetkan 400 Ribu Suara!

Menurutnya, permasalahan gaji guru yang rendah adalah masalah mental dan budaya yang banyak dialami oleh pejabat-pejabat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: