Analisa Skuad FC Porto 2023/2024: Jawara Portugal yang Sukses di Eropa

Analisa Skuad FC Porto 2023/2024: Jawara Portugal yang Sukses di Eropa

Analisa skuad FC Porto musim 2023/2024-X @FCPorto-

HARIAN DISWAY - Siapa yang tak kenal dengan FC Porto. Tim asal Portugal itu, memiliki segudang prestasi serta rentetan sejarah luar biasa. Kesuksesan Porto terbukti dengan beberapa gelar elit Eropa. 

Tim yang bermarkas di Estadio Dragao itu, sudah mengoleksi 2 gelar Liga Champions, 2 gelar Liga Eropa, dan 1 gelar UEFA Supercup. Sehinggga FC Porto menjelma menjadi salah satu kekuatan di Liga Portugal.

Mereka juga acap kali melahirkan pemain-pemain berbakat. Semisal bek Real Madrid asal Brasil Eder Militao, bek sayap andalan Manchester United Diogo Dalot, hingga winger kencang Liverpool Luis Diaz, pernah berbaju Porto. 

Porto nyaris tak pernah absen di kompetisi Eropa seperti Liga Champions. Musim ini bersama Sérgio Conceição, mereka bisa menembus babak 16 besar Liga Champions. 

BACA JUGA:Ini Eks Borussia Monchengladbach yang Kini Bersinar di Eropa, Ada yang Pernah Trebel!

BACA JUGA:PSG vs Brest 3-1, Les Parisiens Perkasa di Kandang

Di kompetisi lokal, saat ini FC Porto menduduki peringkat ketiga klasemen sementara Liga Portugal. Tim berjuluk Dragoes itu, terpaut 6 poin dari Benfica yang saat ini bercokol di puncak klasemen. Berikut adalah analisis skuad dan performa FC Porto musim ini.

1. Kiper: Diogo Costa


Diogo Costa menjadi kiper utama FC Porto dan Timnas Portugal -X @DiogoMCosta99-

Kiper berusia 24 tahun itu, sudah menjadi bagian utama dari skuad FC Porto sejak musim lalu. Costa adalah kiper asli produk akademi Porto. 

Musim ini, kiper dengan tinggi 186 cm itu, mencatatkan 10 kali clean sheet di semua kompetisi. Dia pun selalu menjadi pilihan pertama pelatih untuk menjaga mistar gawang. 

Bahkan saat Piala Dunia Qatar 2022 lalu, ia mengawal gawang Portugal. Bersama Selecao (sebutan Portugal) ia berhasil menembus 8 besar ajan 4 tahunan itu. Portugal gugur di babak 8 besar, usai dikalahkan Maroko 1-0. 

BACA JUGA:Jadwal Lengkap FA Cup: Putaran Kelima, Tersisa 4 Tim Raksasa Liga Inggris

BACA JUGA:Piala FA: Aston Villa vs Chelsea 1-3, Amarah The Blues Memuncak di Villa Park

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: