Sah! Prof Murpin Jadi 'Nakhoda' DPD Persatuan Guru Besar Indonesia Jatim

Sah! Prof Murpin Jadi 'Nakhoda' DPD Persatuan Guru Besar Indonesia Jatim

Prof Murpin Sembiring menjabat sebagai Ketua DPD Pergubi Jatim 2024-2027.-Salman Muhiddin/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dewan Pengurus Daerah Persatuan Guru Besar Indonesia (DPD Pergubi) Wilayah Jawa Timur Periode 2024-2027 resmi dilantik pada Jumat, 16 Februari 2024. Pelantikan berlangsung di Ruang Soemantri Universitas Dr. Soetomo (Unitomo). Prof Murpin Josua Sembiring jadi nakhoda hingga tiga tahun ke depan.

DPD Pergubi Jatim, sebagai wadah berkumpulnya para guru besar di Jawa Timur dengan keahlian dan kompetensi dari berbagai disiplin ilmu, menjadi penunjang penting dalam memberikan masukan konstruktif kepada pemerintah Provinsi Jatim.

Prof Murpin Sembiring, Ketua DPD Pergubi Jatim, menyatakan bahwa melalui riset dan kajian yang mereka lakukan, mereka dapat memberikan informasi yang berharga untuk mendukung kebijakan strategis pemerintah.

"Dengan dilantiknya para pengurus Pergubi di Jatim, kami bisa ikut memberikan informasi masukan-masukan yang konstruktif by data dari riset-riset yang kami kerjakan, sehingga kebijakan keputusannya itu betul-betul dapat dipertanggungjawabkan dan sudah punya visi yang ke depan," ungkap Prof Murpin.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Rektor Universitas Ma Chung Murpin Josua Sembiring: Ku Jin Gan Lai

Guru Besar Universitas Ciputra itu menekankan bahwa data yang dihasilkan dari riset guru besar dapat menjadi dasar untuk kebijakan jangka panjang, bukan hanya fokus pada jangka pendek dan menengah.

Pergubi Jatim berharap dapat bermitra dengan Badan Riset Inovasi Daerah dan instansi terkait lainnya untuk saling bersinergi.

"Pergubi ini orangnya kompeten dan berpengalaman. Nah, itu nanti kami coba sinergi, karena ini juga bagian dari pengabdian masyarakat kami sebagai akademisi," tambahnya.

Prof Murpin juga mengungkapkan bahwa para guru besar dapat berkontribusi dalam Dewan Riset Daerah yang di SK oleh Gubernur, serta memberikan masukan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Selain pelantikan, acara ini juga dirangkai dengan Seminar Nasional pertama DPD Pergubi Jawa Timur dengan tema "UMKM dan Koperasi Naik Kelas dan Go Global." Seminar tersebut diharapkan dapat membahas peran serta UMKM dan Koperasi sebagai penentu perekonomian rakyat.

BACA JUGA:Forum Guru Besar Indonesia Himbau Civitas Akademika Hindari Pernyataan Yang Menggiring Opini Politik Elektoral

Ketua Umum Pergubi Prof Gimbal Doloksaribu MM menekankan pentingnya persatuan para guru besar di Indonesia untuk membuat suara mereka lebih didengar oleh pemerintah.

Dengan hanya sekitar 2.000 guru besar terdaftar di Pergubi, Gimbal berharap persatuan ini dapat memberdayakan mereka secara maksimal.

"Persatuan Guru Besar Indonesia propinsi Jatim akan ikut berperan dan berkontribusi pada dewan riset daerah, riset inovasi daerah, Dewan Pendidikan Jatim, dan kabupaten-kota ," kata Prof Gimbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: