5 Courses Set Menu dari Chef Rio Abednego ini Manis dan Cantik

5 Courses Set Menu dari Chef Rio Abednego ini Manis dan Cantik

Menikmati menu yang manis dan cantik untuk Valentine. Terasa suasananya yang romantis di Uppercut Steakhouse di JW Marriott Surabaya sajikan menu ala Valentine pula. Termasuk dessert dan permen, bekerja sama dengan Kohako, Bali. -JW Marriott-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menyambut Valentine, Uppercut Steakhouse, JW Marriott, menyajikan menu 5 courses set menu yang dikurasi oleh Executive Chef Rio Abednego. Menu-menu itu di antaranya: prawn chimichurri, josper grill tajima wagyu striploin, hingga lobster ravioli.

Uppercut Steakhose juga bekerja sama dengan restoran Kohaku, Bali. Co-founder Kohaku, I Wayan Heru Young, mempraktikkan cara membuat berbagai macam dessert. Pertama, ia menunjukkan permen-permen buatannya. Yakni edible crystal atau kohakuto.
Menu manis dan cantik untuk Valentine. Ada beragam main course Valentine dinner di Uppercut Steakhouse, JW Marriott Surabaya. -JW Marriott-

Permen kohakuto berbentuk seperti batu kristal berkilauan. Ia membuatnya dalam berbagai warna. Merah, kuning, putih, biru, dan semuanya gemerlapan. Sekilas dilihat, Permen itu tampaknya keras dan manis. Karena bentuknya yang seperti batu kristal.

BACA JUGA: Kolaborasi Yoga dengan Plantasia di Hotel JW Marriott, Musik Meditatif dari Tanaman

Namun, saat dicoba, ternyata rasanya crunchy. "Silakan, tidak keras kok," katanya, kemudian tersenyum. Salah seorang pengunjung yang mencoba permen itu adalah Chujnijah Afy. Mulanya, dia khawatir jika permen itu keras, serta memiliki rasa manis yang berlebih.

Tapi rupanya tidak. "Pertama kali digigit, langsung kres. Lalu sampai ke dalam mulut, soft. Melted, atau meleleh. Manisnya juga pas," katanya. 

Young menyebut bahwa kohakuto merupakan permen khas Jepang. Biasanya disajikan bersama teh Jepang yang rasanya hambar. "Unsur manisnya diambil dari permen itu," ujarnya.
Menu manis dan cantik untuk Valentine di JW Marriott Surabaya. Kohaku dessert, gabungan antara permen kohakuto dan mont blanc cake. -JW Marriott-

BACA JUGA: Valentine Ala Korea di JW Marriott Surabaya

Ia juga mempraktikkan cara membuat mont blanc cake. Kue asal Perancis yang di bagian atasnya dilengkapi dengan aksen adonan matcha. Namun, menyambut Valentine, Young menggunakan adonan berwarna pink keungu-unguan. Dibuat dari bahan ubi ungu.

Marketing Communication Manager JW Marriott Nabila Humaira turut mencoba memberi hiasan adonan ubi ungu tersebut. Menggunakan alat press yang hasilnya seperti mi. Panjang dan dibuat melingkar menutupi bagian atas cake tersebut. Sehingga penyajiannya terlihat cantik.

"Ternyata enggak sulit. Cuma perlu sabar. Tidak bisa terburu-buru," ujar Nabilla. Cake tersebut diolah dari adonan khusus. Resep rahasia. Sama ketika melihat permen kohakuo secara sekilas. 

BACA JUGA:Sambut Ramadan, JW Marriott Tawarkan Jelajah Rasa Kota Sembilan Wali

Tampaknya, cake itu rasanya manis. Mungkin bisa saja over sweet. Seperti cake-cake lain. Tapi ketika dicoba, semua rasanya ballance. "Melted ketika dipotong. Begitu pun ketika di mulut. Meleleh. Rasanya enggak terlalu manis. Pas. Apalagi ditambah topping," ujarnya. Dia memilih topping dark chocolate.
Menu manis dan cantik untuk Valentine di JW Marriott Surabaya. Yang ini mont blanc cake yang dihias menggunakan alat, dan bahannya menggunakan ubi ungu. -Nabilla Humaira-

Terdapat beberapa pilihan topping. Tiga di antaranya: biji cokelat yang memiliki rasa agak sedikit pahit, taburan stroberi kering dan dark chocolate. "Kalau dark chocolate, ada sedikit rasa asin. Tipis, tapi gurih. Renyah," terang perempuan 30 tahun itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: