Polres Malang Salurkan Air Bersih untuk Warga Dusun Pepen

Polres Malang Salurkan Air Bersih untuk Warga Dusun Pepen

Anggota Polres Malang menyalurkan bantuan air bersih.--

HARIAN DISWAY - Kepolisian Resor Malang merespons cepat keluhan warga yang menghadapi kesulitan air bersih. Penanganan dilakukan dengan mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kesulitan air bersih dengan menggunakan mobil tanki di Dusun Pepen, Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen.

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara menjelaskan, pendistribusian air bersih tersebut menjadi langkah konkret untuk meringankan beban warga. 

Sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) merasakan dampak krisis air yang berimbas pada kebutuhan sehari-hari seperti mencuci dan memasak.

Krisis air dipicu oleh perbaikan Hipam swadaya warga yang mengakibatkan menurunnya debit air sarana penyedia air bersih, Budhi Daya Tirta Guna.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Polres Malang Ungkap 29 Kasus Curanmor

BACA JUGA:Jelang Nataru, Satgas Pangan Polres Malang Pantau Pasar

"Pendistribusian air bersih dilakukan sebagai upaya meringankan beban warga terdampak kesulitan air bersih akibat perbaikan sarana air bersih swadaya milik warga," ungkap Ipda Dicka saat dikonfirmasi di Polres Malang.

Ipda Dicka menambahkan, pendistribusian dilakukan menggunakan truk tangki air berkapasitas 4000 liter, yang telah mengirimkan bantuan air bersih kepada warga Dusun Pepen sejak 19 Februari 2024. 

Hingga saat ini, sudah tiga tangki air bersih didistribusikan kepada warga, dengan rencana pendistribusian akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

Krisis air ini terjadi karena menurunnya debit air Budhi Daya Tirta Guna sebagai dampak dari perbaikan sistem pompa air. Pasokan air yang selama ini mencukupi untuk 200 KK dari 5 RT menjadi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

BACA JUGA: Tegas! Polres Malang Bongkar Arena Sabung Ayam di Wonokerto, Bantur

BACA JUGA:Gandeng PMI dan RS Bhayangkara, Polres Malang Gelar Khitan Gratis

"Pendistribusian air bersih dilakukan untuk membantu meringankan kebutuhan warga. Senin, 19 Februari 2024, air kami distribusikan di RT 01 dan RT 02 Dusun Pepen, hari ini kita lakukan lagi pendistribusian air," tambahnya.

Ipda Dicka menyebut, pendistribusian air bersih oleh kepolisian bukan hanya sebagai bentuk respons terhadap keluhan warga, tetapi juga mencerminkan peran aktif kepolisian dalam menangani masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: