BMKG Jelaskan Perbedaan Puting Beliung dan Tornado: Jangan Pakai Istilah Yang Bikin Heboh

BMKG Jelaskan Perbedaan Puting Beliung dan Tornado: Jangan Pakai Istilah Yang Bikin Heboh

Ilustrasi Tornado. fenomena cuaca berupa angin perusak yang terkenal di wilayah Amerika Serikat -Bing Image, AI Generated-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Angin puting beliung yang muncul di Rancaekek, Kabupaten Bandung pada Rabu Sore, 21 Februari 2024 mengejutkan banyak orang. 

Karena skala yang cukup besar, peneliti BRIN Erma Yulihastin sampai menyebutnya sebagai kemunculan tornado pertama di Indonesia. 

Lewat cuitannya di media sosial X (twitter), Erna mengatakan badai tornado di Rancaekek sudah terprediksi oleh sistem Kajian Atmosfer Jangka Madya (Kamajaya) 

"KAMAJAYA sudah memprediksi 'extreme event' 21 Februari 2023," cuit Erna dikutip Kamis, 22 Februari 2024.

"Jadi bagaimana, kalian sudah percaya sekarang kalau badai tornado bisa terjadi di Indonesia?” tambahnya. 

BACA JUGA:Benarkah Pusaran Angin di Rancaekek Adalah Tornado? Ini Penjelasan BMKG

Beberapa hal yang membuat Erma yakin bahwa kejadian Rancaekek adalah Tornado bukan puting beliung biasanya diantaranya karena skala nya yang besar dan durasi putaran angin yang cukup lama. 

Biasanya angin puting beliung di Indonesia terjadi tak lebih dari 10 menit dengan kecepatan angin yang kurang dari 60 km/per jam. 

Menanggapi hal ini, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan, puting beliung merupakan fenomena cuaca yang secara visual memiliki kesamaan dengan tornado. 


Tangkapan layar video viral merekam peristiwa angin puting beliung di PT Kahatex, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu 21 Februari 2024-Instagram bandungterkini-

Yakni angin yang bentuknya berputar kencang menyerupai belalai dan biasanya dapat menimbulkan kerusakan di sekitar lokasi kejadian. 

“Puting beliung terbentuk dari sistem Awan Cumulonimbus (CB) yang memiliki karakteristik menimbulkan terjadinya cuaca ekstrem,” kata Guswanto dalam keterangannya Kamis, 22 Februari 2024. 

BACA JUGA:Angin Kencang Terjang Wilayah Sidoarjo, Satu Orang Warga Tewas Tertimpa Material Bangunan

Istilah Tornado kata Guswanto biasa dipakai di wilayah Amerika dan ketika intensitasnya meningkat lebih dahsyat dengan kecepatan angin hingga ratusan km/jam dengan  dimensi yang sangat besar hingga puluhan kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: