Sejarah! Lily Gladstone Jadi Native American Pertama yang Menang Aktris Terbaik SAG Awards

Sejarah! Lily Gladstone Jadi Native American Pertama yang Menang Aktris Terbaik SAG Awards

SEJARAH! Lily Gladstone jadi Native American pertama yang menang SAG Awards.-Matt Winkelmeyer-AFP

HARIAN DISWAY - Lily Gladstone mencetak sejarah. Dia menjadi aktor pertama dari suku asli Amerika (Native American) yang memenangkan kategori Aktris Terbaik di Screen Actors Guild (SAG) Awards.

Acara itu digelar di Shrine Auditorium and Expo Hall, Los Angeles, 25 Februari 2024 WIB.

Lily Gladstone meraihnya lewat peran Mollie Burkhart dalam film Killers of the Flower Moon garapan sutradara legendaris Martin Scorsese.

BACA JUGA:Menang SAG Awards 2024, Robert Downey Jr Makin Dekat ke Piala Oscar

Di film tersebut, perempuan dari suku Blackfeet atau Nimiipuu itu memerankan seorang peremapuna dari suku Osage yang dimanipulasi oleh orang-orang kulit putih.


TANPA kejutan! Ini daftar lengkap pemenang SAG Awards 2024, Oppenheimer berjaya lagi. Foto: Lily Gladstone ketika menerima gelar Aktris Terbaik SAG Awards 2024. -Matt-AFP

Dia menjadi korban pembunuhan berencana dan sistematis yang dilancarkan oleh William King Hale (Robert de Niro) dan Ernest Burkhart (Leonardo DiCaprio). Dua pria yang mengaku menyayanginya. Ernest bahkan menikahinya.

Setelah menerima trofi SAG Awards dari Jessica Chastain, Lily Gladstone mengungkapkan betapa bangganya dia terhadap rekan-rekan aktor yang memiliki solidaritas tinggi.

BACA JUGA:Tanpa Kejutan! Ini Daftar Lengkap Pemenang SAG Awards 2024, Oppenheimer Berjaya Lagi

"Ini adalah tahun yang berat bagi kita semua. Baik yang ada di sini maupun tidak ada di ruangan ini," kata Lily Gladstone, merujuk kepada pemogokan pekerja film di Hollywood tahun lalu.

Aktris berusia 37 tahun itu menyebutkan, yang dia anggap sebagai kemenangan bukan sekadar meraih trofi. Bagi dia, bisa memerankan karakter dalam film yang terinspirasi dari kejadian nyata itu sudah merupakan kemenangan tersendiri.

"Aku merasa menang ketika sudah berada di sini. Berada di lokasi syuting. Dan menceritakan kisah kita kepada semua orang," tutur dia. "Kita membawa empati ke dunia yang begitu membutuhkannya," katanya.

BACA JUGA:Golden Globes 2024: Poor Things dan Emma Stone Hajar Barbie di 2 Kategori Penting, Apa Saja?

"Mudah sekali membuat diri kita berjarak dengan orang lain. Mudah sekali untuk menutup diri. Untuk berhenti merasakan. Tapi kita dengan berani bersedia untuk terus merasakan, memanusiakan manusia, dan membawa mereka (yang tertindas) untuk keluar dari kegelapan. Film membawa penerangan, membuat segalanya terlihat jelas," papar Lily Gladstone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the hollywood reporter