36 Rumah Tapak Menteri di IKN Rampung Juli

36 Rumah Tapak Menteri di IKN Rampung Juli

Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.-Kementerian PUPR -

HARIAN DISWAY - Progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlangsung. Peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap kelima pun bakal dimulai lusa, Kamis, 29 Februari 2024. Sementara 36 rumah tapak untuk para menteri ditarget tuntas Juli nanti.

Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menjelaskan, progres rumah tapak menteri itu telah mencapai lebih dari 74 persen. Saat ini, pihaknya telah merampungkan dua unit sebagai mock up atau model desain.

Sisanya, 36 rumah menteri dipastikan bakal rampung empat bulan lagi. Sehingga, sudah bisa dioperasikan pada pertengahan tahun mendatang. Sebab, kata Danis, rata-rata progres proyek di IKN dalam sepekan bisa meningkat 2 persen hingga 3 persen. 

Danis optimistis konstruksi dapat mulai commisioning pada Juni. Dan siap ditinggali oleh para Menteri yang hendak pindah ke IKN pada Juli. “Nanti kan selesai ini, di Juli ini semuanya selesai,” terangnya kepada wartawan, Senin, 26 Januari 2024.

BACA JUGA:Berjalan Sejak 2022, Basuki Hadimuljono Pantau Proyek Infrastruktur IKN

BACA JUGA:Menpanrb: PNS Penghuni IKN Wajib Berakhlak dan Menguasai Literasi Digital

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan bahwa dirinya bakal menjadi menteri pertama yang akan pindah ke IKN. Ia sudah mantap untuk tinggal di IKN apabila nantinya proses pemasangan utilitas sambungan air hingga listrik IKN rampung dipasang. 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut sebanyak 6.000 aparatur sipil negara (ASN) yang akan dipindahkan ke IKN bakal diberangkatkan pada September. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkannya untuk menyiapkan perpindahan ribuan ASN tersebut secara komprehensif. 

Sebetulnya, kata Anas, rencana perpindahan ASN ke Nusantara awalnya dijadwalkan pada Juli. Kendati demikian, menteri sekretaris negara mengarahkan agar perpindahan itu dilakukan sebelum Oktober. 

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024: Fresh Graduate Siap-Siap Ditempatkan di IKN

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Diuji Coba Juli 2024

“Kira-kira September karena di Agustus nanti masih akan digunakan untuk upacara. Sehingga sebagian apartemen tersedia untuk keperluan Agustus,” kata Anas kepada awak media di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Anas mengatakan, keberangkatan 6.000 ASN itu juga bergantung dengan penyelesaian rumah susun bagi para abdi negara tersebut. Ribuan ASN yang akan diberangkatkan itu meliputi lintas kementerian/lembaga termasuk TNI-Polri.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: