Kemendag Bakal Panggil Perwakilan TikTok Pekan Ini

Kemendag Bakal Panggil Perwakilan TikTok Pekan Ini

Kata 'My Chicago' Viral Seliweran di FYP TikTok, Emang Apa Artinya?--

HARIAN DISWAY – Ketegasan pemerintah untuk melindungi UMKM terus dilakukan. Termasuk Kemendag yang bakal memanggil perwakilan TikTok dan Tokopedia.

Ini untuk memastikan kedua aplikasi tersebut mematuhi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 tahun 2023. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menyebut pihaknya bakal memanggil perwakilan dua aplikasi pada pekan depan. 

"Minggu ini kami panggil," katanya kepada awak media di Jakarta Timur, Senin, 26 Februari 2024.

Kemendag, kata dia, akan memantau integrasi data TikTok di TikTok Shop sehingga memanggil perwakilan aplikasi asal China dan Tokopedia. Selain itu, kata Isy, Kemendag ingin aturan soal pemisahan media sosial tidak dijadikan tempat jual dan beli tetap tegak sehingga perwakilan TikTok dan Tokopedia dipanggil. 

BACA JUGA:Musim Hujan Datang! Yuk Flashback Unggahan Lucu dan Viral Warga TikTok saat Mengeluhkan Musim Kemarau

BACA JUGA:Dari Live Tiktok, Anies Dijuluki Abah Online: Singgung Peran Ayah dalam Pendidikan Anak

"Demi melihat comply-nya, kan. Kemarin sudah tinggal 25 persen. Bukan hanya migrasi data, tetapi comply dengan Permendag 31," kata dia. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meminta agar Tokopedia dan TikTok mengikuti aturan jika memang ingin berbisnis di Tanah Air.  Menurut Jerry, TikTok saat ini masih membuka aktivitas penjualan daring seperti e-commerce dan bisa bertransaksi dalam satu aplikasi sejak Permendag Nomor 31 Tahun 2023 terbit.

"Jadi, yang namanya media sosial tidak boleh jualan, kalau mau jualan, ya, harus apply, izin untuk jualan online," kata dia di Jakarta, Senin ini. 

Jerry mengatakan TikTok dan Tokopedia sebenarnya sudah bekerja sama dan hal itu bisa dimanfaatkan untuk mematuhi Permendag Nomor 31. "Nah, TikTok dan Tokopedia, kan sudah berkolaborasi, itu yang harus sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023 proses imigrasinya,” ujar Jerry. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: