Cegah Pembunuhan Karakter di Era Digital

Cegah Pembunuhan Karakter di Era Digital

ILUSTRASI Cegah Pembunuhan Karakter di Era Digital.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Terakhir, pendidikan yang perlu menjadi perhatian kita adalah teknologi. Berbicara tentang teknologi, kita semua bisa memastikan masyarakat Indonesia belum 100 persen melek teknologi, tetapi sudah dituntut untuk bisa memahami dan menjalankan sebuah teknologi. 

Bila kita back to basic, sebenarnya teknologi zaman dahulu itu lebih canggih dan lebih akurat bila dibandingkan dengan saat ini. Pun, makin lama makin lemah kualitas teknologinya karena semua orang diarahkan untuk lebih candu terhadap alat. 

Berbeda di zaman dahulu, setiap induvidu mampu menggali kemampuan dalam dirinya menjadi sebuah teknologi yang supercanggih sehingga tidak terdapat ketergantungan terhadap sebuah alat. Maka, waktu itu Bung Karno pernah mengatakan, ”Beri aku sepuluh orang pemuda, akan kuguncang dunia”, bukan beri aku sepuluh teknologi canggih, akan kugucang dunia. 

Kata-kata Bung Karno itu mempunyai makna yang mendalam. Artinya, teknologi itu sejatinya ada pada diri manusia seutuhnya. Namun, masih banyak manusia yang tidak paham tentang hal itu. (*) 

 


Muchamad Nur Candra Biantoro, anggota TNI-AL dan mahasiswa doktoral PSDM Universitas Airlangga.-Dok Pribadi-

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: