AHY-Moeldoko Sudah Bersalaman dan Saling Tebar Senyum, Begini Riwayat Konflik Keduanya

AHY-Moeldoko Sudah Bersalaman dan Saling Tebar Senyum, Begini Riwayat Konflik Keduanya

KSP Moeldoko dan Menteri ATR AHY bersalaman dan menegur sapa saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin, 26 Februari 2024-Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY– Anda sudah tahu, Partai Demokrat sempat pecah. Tepatnya sejak Kepala Staf Presiden Moeldoko ditunjuk sebagai ketua umum pada Kongres Luar Biasa atau KLB Partai Demokrat yang menunjuk di Deli Serdang pada Maret 2021 silam. 

Ketegangan pun terjadi bertahun-tahun dalam internal partai besutan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. KLB yang memenangkan kubu Moeldoko menimbulkan gejolak. Apalagi, saat itu ketua umum Partai Demokrat masih dijabat resmi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Banyak simpatisan dan relawan Partai Demokrat tak terima. Mereka bahkan menyatakan dukungan dengan cap darah di kantor DPP Partai Demokrat kala itu.

BACA JUGA:Menteri AHY dan Pergeseran Bandul Politik

AHY pun sadar bahwa kubu Moeldoko memang sengaja melemahkan Partai Demokrat. Putra sulung SBY itu menganggap upaya kubu Moeldoko sebagai bentuk pembegalan Partai Demokrat. Konflik berlanjut ke ranah hukum.

Perebutan kursi tahta Partai Demokrat lantas berakhir secara hukum. Ini setelah Mahkamah Agung (MA) menolak Peninjauan Kembali (PK) Moeldoko terhadap SK Menteri Hukum dan HAM RI terkait kepengurusan Partai Demokrat pada 10 Agustus 2023.

Suasana tak kunjung mendingin. Kubu Moeldoko tetap tak terima dan menganggap KLB di Medan itu sah secara hukum. 

Semua masih ingat, senior Partai Demokrat kubu KSP Moeldoko, Hencky Luntungan angkat bicara. Ia mengklaim penolakan PK Moeldoko itu akan membuat perpecahan di Demokrat berlanjut. 

BACA JUGA:AHY Dilantik, Buku Cawe-cawe Presiden Jokowi Karangan SBY Viral

Sehingga kemudian akan berdampak di Pemilu serentak 2024. Ia memastikan perolehan suara Demokrat bakal turun drastis. Apalagi, kata Hencky, capaian Demokrat pada Pemilu 2019 cuma 7 persen.

Pada akhirnya, kini fakta yang terjadi sebaliknya. Perolehan suara Demokrat pada Pemilu 2024 nyaris tembus 8 persen. Bonus lainnya, AHY baru saja dilantik sebagai menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

AHY masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. Tentu saja, bergabung dalam satu lingkaran bersama Moeldoko.

BACA JUGA:AHY Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Sudahkah Jokowi Izin ke PDIP?

Momen menarik terjadi saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin, 26 Januari 2024. Seperti biasa, semua menteri saling menegur sapa. Termasuk juga AHY dan Moeldoko yang terlihat berjabat tangan dan menebar senyuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: