Trik Ampuh buat Para Mama Agar Masakan Tidak Meletup-Letup saat Digoreng

Trik Ampuh buat Para Mama Agar Masakan Tidak Meletup-Letup saat Digoreng

Enggak perlu risau lagi saat menggoreng karena ada trik ampuh agar masakan tidak meletup-letup saat digoreng yang wajib dicoba. --IG @shutterstock

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Memasak adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga. Salah satunya dilakukan dengan cara menggoreng yang merupakan salah satu aktivitas penting dalam memasak. Jika tidak berhati-hati dalam menggoreng, minyak akan meletup dan terkena badan. 

Salah satu penyebab meletup-letupnya minyak ketika menggoreng adalah bahan yang hendak dimasak. Ada beberapa jenis bahan masak yang memang kerap memicu kehebohan di dapur. Seperti ikan, daging ayam, otak-otak, udang, dan sebagainya.

Sering kali saat menggoreng bahan tersebut minyak akan meletup. Bahan makanan di atas tentu memerlukan trik khusus agar tidak membuat kehebohan saat digoreng.

BACA JUGA: Cilik-cilik Belajar Memasak bareng Para Chef Aston Kartika Grogol selama Liburan

Sebab akan sangat meresahkan apabila letupan minyak saat menggoreng mengenai kulit. Hal tersebut terkadang menghalangi proses memasak menjadi kurang maksimal sehingga perlu diketahui penyebab dari meletupnya minyak yang digunakan.

Terdapat trik ampuh agar masakan tidak meletup-letup saat digoreng. Trik tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tepung pada saat menggoreng.

Cara penggunaan cukup mudah. Ketika minyak sudah panas, maka tepung dapat ditaburkan di atas minyak sebelum bahan makanan dimasukkan. Menaburi sedikit tepung sebelum menggoreng dapat mencegah minyak meletup dan terkena badan.

Namun, jangan menambahkan tepung terlalu banyak. Cukup taburi sedikit saja di atas minyak. Tepung terigu dapat menyerap kandungan air dan kelembapan pada bahan makanan yang digoreng, sehingga tidak akan membuat minyak meletup.

Biasanya, bahan makanan yang mengandung air ketika digoreng akan membuat minyak meletup dan lengket di wajan.  Selain mencegah letupan minyak pada saat menggoreng, ternyata tepung juga dapat membantu agar masakan tidak lengket. 

Minyak terbentuk ketika uap air dalam minyak goreng menguap dengan cepat dan menjadi uap pada suhu tinggi.  Air yang menguap dengan cepat  mendorong lemak di sekitarnya keluar dari wajan, menyebabkan minyak berceceran. 

Jika makanan atau minyak goreng mengandung sedikit air, maka minyak akan pecah dan meletup. Kondisi minyak goreng meletup-letup bisa saja berasal dari air yang bercampur dengan minyak. Hal tersebut akan terus berlangsung sampai air hilang atau berkurang.

BACA JUGA: Memasak Cookies Bentuk Cinta dengan Pasangan di Hari Valentine Yuk!

Ketika sedang menggoreng akan terjadi penguapan air yang cepat menyerupai ledakan kecil ratusan kali dalam hitungan detik. Makanan seperti sayur dan daging mengandung sedikit air, sehingga jika dimasukkan ke dalam wajan berisi minyak panas, maka minyaknya bisa meletup.

Maka tak heran sampai ada yang menjauhkan badan demi tak terkena minyak yang meletup. Tak sedikit yang mencoba mengecilkan api. Namun, itu bukanlah hal yang menyelesaikan masalah. Maka trik tersebut dapat menjadi solusi ketika sedang memasak dan harus menggoreng bahan makanan. (Meila Rizqya PY)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: