Dramatis! Real Sociedad vs Mallorca 5-6, Si Bajak Laut ke Final Copa del Rey Lewat Adu Penalti

Dramatis! Real Sociedad vs Mallorca 5-6, Si Bajak Laut ke Final Copa del Rey Lewat Adu Penalti

Dramatis! Mallorca Melaju ke Final Copa del Rey Usai Singkirkan Sociedad di Kandang Sendiri-Mallorca-x

HARIAN DISWAY - Mallorca boleh saja tercecer di papan bawah klasemen sementara La Liga. Namun, mereka begitu perkasa di Copa del Rey. Mallorca melaju ke final Piala Raja setelah menaklukkan Real Sociedad dalam semifinal pada 28 Februari 2024 WIB.

Pada laga yang digelar di kandang Real Sociedad, Stadion Anoeta itu, laga berjalan imbang 1-1 hingga waktu normal berakhir. Sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Dalam babak tos-tosan yang penuh drama, Los Pirates (alias Si Bajak Laut, sebutan Mallorca) menang 5-4 atas sang tamu.

BACA JUGA:Copa Del Rey: Mallorca vs Real Sociedad 0-0, Erreala La Real Tak Efektif

Dalam kedudukan 4-4 (dan tersisa satu kesempatan buat Mallorca), Sergi Darder menjadi pahlawan. Dengan ketenangan tingkat tinggi, ia menaklukkan kiper Sociedad, Alex Remiro. Selesai.


Mallorca melaju ke final usai tumbangkan Real Sociedad-Real Sociedad-x

Hebatnya lagi, Sergi Darder tidak dipasang sejak menit pertama oleh Javier Aguirre. Ia baru masuk pada saat babak perpanjangan waktu berjalan 8 menit. Ia menggantikan Dani Rodriguez. Eh, ternyata tenaganya sangat berguna saat laga harus ditentukan lewat adu penalti.

"Ini adalah hari yang paling membahagiakan sejak aku tiba di Anoeta," ungkap Sergi Darder dengan berbinar-binar dalam wawancara di mixed zone. "Perasaanku tak bisa dilukiskan," lanjut gelandang yang didatangkan dari Espanyol pada Agustus 2023 itu.

BACA JUGA:Barcelona Ditahan Imbang Mallorca 2-2, Posisi Blaugrana Terancam oleh Raja Eropa!

BACA JUGA:Hasil La Liga Mallorca vs Barcelona: Nyaris Kalah, Barca Jadi Pemuncak Klasmen

"Pelatih harus melakukan pergantian pemain karena memang itu adalah hal yang perlu dilakukan saat itu. Ia harus membuat keputusan cepat dan memasukkan aku di perpanjangan waktu," tambahnya.

Wajar kalau Darder bahagia. Ini adalah saat yang begitu bersejarah bagi Mallorca. Los Pirates melaju ke final Copa del Rey setelah lebih dari 20 tahun menunggu.

Mereka kali terakhir lolos ke final Piala Raja pada 2003. Dan itulah satu-satunya momentum mereka menjadi juara. Sejak itu, prestasi terbaik Los Pirates di Copa del Rey adalah semifinal pada 2009.

BACA JUGA:Copa Del Rey: Atletico Madrid vs Bilbao 0-1, Malam Kelam Los Rojiblancos

Sociedad Lebih Agresif


Real Sociedad vs Mallorca 5-6, Si Bajak Laut Melaju ke final Copa del Rey lewat adu penalti. Foto: Mikel Oyarzabal merayakan gol penyama kedudukan di babak kedua.-Ander Gillenea-AFP

Semifinal leg kedua Copa del Rey mempertemukan Real Sociedad kontra Mallorca di kandang Sociedad, Reale Arena (atau Anoeta) pada Rabu, 28 Februari 2024.

Kedua tim ngotot sejak laga dimulai. Lantaran pada leg pertama, 6 Februari 2024 lalu, keduanya bermain imbang 0-0.

Bermain di kandang sendiri memberikan booster kepercayaan diri tersendiri bagi Real Sociedad. La Real, julukan tim tersebut, langsung menggempur pertahanan Mallorca sejak menit pertama.

Menjelang babak pertama berakhir, Real Sociedad mendapat hadiah penalti. Gara-gara bola menyentuh tangan pemain belakang Mallorca yang sedang aktif bergerak.

BACA JUGA:Hasil Copa del Rey: Unionistas vs Barcelona 1-3, Blaugrana Sempat Tertinggal Dulu Lawan Tim Divisi 3

Braiz Mendez dipercaya menjadi algojo titik putih tim tuan rumah. Namun, kiper Mallorca Dominik Greif tampil ciamik dengan menggagalkan pinalti tersebut. Babak pertama usai dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, La Real melakukan pergantian pemain depan. Andre Silva ditarik keluar digantikan oleh Sheraldo Becker guna mempertajam lini serang.


Real Sociedad vs Mallorca 5-6, Si Bajak Laut Melaju ke final Copa del Rey lewat adu penalti. Foto: Kiper Mallorca Dominik Greif jadi pahlawan di adu penalti.-Jaime Reina -AFP

Mallorca bukan tanpa perlawanan. Beberapa kali skema serangan balik mereka cukup membahayakan pertahanan Sociedad.

BACA JUGA:Copa Del Rey: Valencia vs Celta Vigo 1-3, Los Che Tumbang di Kandang

BACA JUGA:Copa Del Rey: Girona vs Vallecano 3-1, Girona Penguasa Catalunya Sesungguhnya

Hingga pada menit 50, Giovani Gonzalez berhasil mendiamkan seisi stadium dengan sundulan ke arah pojok gawang Sociedad. Ia membawa Mallorca unggul 0-1 atas tim tuan rumah.

Situasi terpojok memaksa La Real menurunkan bintang utama mereka, Mikel Oyarzabal. Ia masuk menggantikan Arsen Zakharyan pada menit ke-63.

Oyarzabal berhasil menjadi pembeda dalam laga tersebut. Selang beberapa menit sejak dimainkan, permainan Real Sociedad jadi lebih hidup. Terbukti pada menit ke-71, kapten Sociedad berusia 26 tahun itu menyamakan kedudukan usai mendapat umpan manis dari Mendez. 1-1!

BACA JUGA:Copa del Rey: Osasuna vs Real Sociedad 0-2, Girona vs Rayo Vallecano 3-1

Drama terjadi di penghujung babak kedua. Kemelut di depan gawang Mallorca membuat pemain menumpuk, tendangan pemain Real Sociedad berhasil ditahan tepat di garis gawang menimbulkan protes bagi tim tuan rumah.

Wasit memutuskan mengecek VAR untuk memastikan gol atau tidak. Namun wasit memutuskan bahwa bola tersebut belum sepenuhnya melewati garis gawang. Sehingga pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan waktu.


Real Sociedad vs Mallorca 5-6, Si Bajak Laut Melaju ke final Copa del Rey lewat adu penalti. Foto: Sergi Darder merayakan keberhasilan mengeksekusi penalti terakhir.-Jaime Reina -AFP

Sepanjang babak tambahan itu, beberapa peluang diciptakan kedua tim. Namun, berbagai penyelamatan penting dilakukan oleh kiper masing-masing. Sehingga 2 x 15 menit selanjutnya tidak mengubah keadaan. Skor masih imbang 1-1.

BACA JUGA:Barcelona ke Babak 16 Besar Copa del Rey, Menang 3-2 atas Barbastro

Adu penalti menghadirkan dramanya sendiri-sendiri. Mikel Oyarzabal, yang setengah jam sebelumnya menyamakan kedudukan, ditunjuk sebagai eksekutor pertama dari La Real. Namun tendangan Ozaryabal ditepis oleh kiper Mallorca Dominik Greif.

Kegagalan eksekusi tendangan tersebut membuat langkah Real Sociedad harus berakhir di babak semifinal. Sekaligus mengantar Mallorca kembali ke final Copa del Rey setelah lebih dari 2 dekade. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber