Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sambut Kunjungan Kehormatan Dubes Australia: Sejak Lama Australia Sudah Menjadi Mitra Strategis

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sambut Kunjungan Kehormatan Dubes Australia: Sejak Lama Australia Sudah Menjadi Mitra Strategis

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyambut kunjungan kehormatan Dubes Australia untuk Indonesia yakni Nikki Penelope Williams. Sejak lama Australia memang sudah menjadi mitra strategis Indonesia. --Kemenko Polhukam RI

HARIAN DISWAY - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyambut kedatangan Duta Besar Australia untuk Indonesia Nikki Penelope Williams PSM bersama jajarannya, pada Kamis, 29 Februari 2024 di Kantor Kemenko Polhukam di Jalan Medan Merdeka Barat.

Dalam pertemuan itu, Hadi didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Duta Besar Rina P. Soemarno dan Asisten Deputi Koordinasi Kerja Sama Multilateral Adi Winarso. Kepada Penny, panggilan Nikki, Hadi mengatakan bahwa hubungan baik dari Australia dan Indonesia sudah terjalin baik sejak ia menjabat menjadi panglima TNI.

BACA JUGA: TNI-AU Bakal Tambah Skuadron Drone di Kaltara dan Jatim

"Terima kasih atas kedatangannya. Hubungan baik ini sebenarnya sudah terjalin sejak saya menjabat Panglima TNI, dan saya juga dianugerahi penghargaan kehormatan Order of Australia (Divisi Militer) dan disampaikan oleh Dubes Penny,” jelas Hadi.

Kepada Penny, Hadi menyampaikan supaya komunikasi intens dengan Kemenko Polhukam RI bisa terus terjalin, jika ada permasalahan di lapangan. “Australia merupakan mitra strategis negara Indonesia, sehingga akan terus mempererat hubungan kerja sama yang selama ini telah terjalin,” katanya.

BACA JUGA: Ikut Rapim di Mabes, Menko Polhukam Hadi Harapkan Sinergi TNI dan Polri Terus Terjaga

Lewat Penny, tak lupa Hadi menitipkan salam untuk Chief of the Australian Defence Forces General, Panglima Angkatan Bersenjata saat ini yaitu Angus Campbell. Selain itu, Penny menyampaikan selamat atas pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam RI.

Ia menjelaskan bahwa hubungan bilateral Australia dan Indonesia sudah terjalin cukup lama. “Pada perjalanannya, banyak isu-isu yang dapat diselesaikan melalui komunikasi yang erat antara menteri, kepala lembaga dan seluruh pejabat teknis dengan perwakilan pemerintah Australia,” jelas Penny.

Selain itu, Penny menyampaikan surat ucapan selamat kepada Hadi dari Minister of Home Affairs Australia serta menyampaikan komitmen untuk melanjutkan kerja sama yang sudah dijalin antara Kemenko Polhukam RI dengan Ministry of Home Affairs.

Menutup pertemuan, Penny beserta jajarannya memberikan cenderamata yang memuat foto Menko Polhukam berkeliling mengunjungi Pangkalan Udara (Lanud) Adi Sucipto, Yogyakarta menggunakan Jeep tahun 1994 bersama Angus Campbell pada 2019 lalu.

Dari pertemuan tersebut, dapat diketahui bahwa hubungan baik antara Indonesia dan Australia sudah dijalin sejak lama. Tidak heran jika Australia menjadi mitra strategis Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: polkam.go.id