Sekarang Sampai Jawa Timur, Angkutan Motor Gratis (Motis) Kembali Digelar, Berikut Link Beserta Syarat Pendaftarannya

Sekarang Sampai Jawa Timur, Angkutan Motor Gratis (Motis) Kembali Digelar, Berikut Link Beserta Syarat Pendaftarannya

MOTIS 2024 Segera Dibuka! Cek Link dan Persyaratannya!--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) mengungkapkan bahwa program Angkutan Motor Gratis (Motis) akan kembali digelar di tahun 2024.

Pada tahun ini, kota destinasi Motis tidak akan berhenti di kota-kota Jawa Tengah seperti Solo, Yogyakarta, Semarang saja, namun akan diperpanjang hingga Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan Press Conference Penyelenggaraan MOTIS 2024, tepatnya pada Jumat, 1 Maret 2024 di Jakarta.

“Pada penyelenggaraan motis tahun-tahun sebelumnya, kami banyak menerima masukan untuk memperpanjang layanan motis ini, semoga dengan kami perpanjang hingga Jawa Timur dapat menarik minat masyarakat,” terang Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Arif Anwar.

BACA JUGA:DJKA Kembali Gelar Program Motor Gratis (MOTIS) 2023, Begini Cara Daftarnya

Tidak hanya itu, Arif turut menerangkan mengenai lintas pelayanan motis yang nantinya akan dibagi menjadi tiga dengan rincian Lintas Utara (PP) meliputi Cilegon, Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, dan juga Semarang Tawang. Selanjutnya Lintas Tengah (PP) dengan Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, serta Kutoarjo sebagai wilayah perlintasannya. Dan yang terakhir Lintas Selatan (PP) meliputi Jakarta Gudang, Kiaracondong, Kroya, Gombong, Kebumen, Lempuyangan, Purwosari, hingga Madiun.

Perpanjangan perlintasan juga dibersamai dengan fasilitas untuk membeli dua tiket kereta per peserta yang harganya tergolong terjangkau di angka Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per tiket sebagai nominal paling mahal-nya.

Pendaftaran MOTIS 2024 sendiri dapat diakses melalui laman mudikgratis.dephub.go.id mulai tanggal 4 Maret hingga 18 April 2024 dengan syarat KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga (KK), STNK, besaran motor yang dimiliki maksimal 200 CC, mendaftar pada laman dan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk, serta menggunakan e-mail aktif untuk mendaftar.


Ilustrasi Syarat Pendaftaran yang Harus Dipenuhi--

BACA JUGA:Cuma 20 Ribu Perak, Tiket Kereta Motis Ludes Diborong Pemudik

Lebih rinci, angkutan arus mudik nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024, disusul dengan angkutan arus balik pada 13-19 April 2024.

“Masing-masing lintas akan tersedia arus contra flow sehingga masyarakat yang akan bepergian dengan arus yang berlawanan saat arus mudik/balik, tetap bisa memanfaatkan layanan motis,” Arif menambahkan.

Dengan banyaknya modifikasi pada MOTIS 2024 ini, Arif berharap dapat menarik minat lebih banyak masyarakat dari tahun-tahun sebelumnya.


Program Angkutan Motor Gratis Kembali Digelar dan Dapatkan Harga Tiket Kereta dengan Terjangkau--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers kementerian perhubungan