Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, 2 Ormas Bersaudara, Raih Zayed Award

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, 2 Ormas Bersaudara, Raih Zayed Award

ILUSTRASI Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, 2 Ormas Bersaudara, Raih Zayed Award. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Bukan hanya di negara-negara yang rawan bencana kemanusiaan akibat konflik berkelanjutan, bantuan Muhammadiyah dan NU juga menjangkau negara-negara yang rawan bencana alam. 

BACA JUGA: Beyond NU

Komitmen Muhammadiyah dan NU dalam merawat persaudaraan kemanusiaan universal menempatkan dua ormas bersaudara itu memperoleh penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024. 

Untuk diketahui, penghargaan Zayed Award for Human Fraternity tidak bisa dilepaskan dari pertemuan bersejarah dua tokoh dunia, yakni Syekh Al-Azhar Ahmad Al-Tayyeb dan Paus Fransiskus, pada 4 Februari 2019 di Abu Dhabi. Pertemuan dua tokoh dunia yang merepresentasikan umat Islam dan Kristen itu menghasilkan dokumen kesepahaman yang dinamakan ”Human Fraternity”. 

Sejak itulah setiap tahun penghargaan Zayed Award diberikan kepada individu atau lembaga yang memiliki komitmen terhadap penegakan nilai-nilai persaudaraan kemanusiaan. 

BACA JUGA: RS Jimpitan NU

Individu yang pernah meraih Zayed Award for Human Fraternity, antara lain, adalah Syekh Al-Azhar Ahmad Al-Tayyeb dan Paus Fransiskus. Sementara itu, lembaga yang pernah meraih Zayed Award for Human Fraternity adalah Community of Sant’Egidio yang berpusat di Roma, Italia. 

Tahun ini penghargaan Zayed Award diberikan kepada Muhammadiyah dan NU. Keduanya dinilai berjasa besar merawat nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, dan kerukunan. Penghargaan Zayed Award untuk Muhammadiyah dan NU itu menjadi yang pertama diberikan kepada organisasi sosial di kawasan Asia Tenggara. 

Muhammadiyah dan NU menerima penghargaan bergengsi itu pada Senin, 5 Februari 2024, di Founder’s Memorial, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

BACA JUGA: Penunggang Gajah, Agama, dan Politik

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf hadir untuk menerima penghargaan tersebut. Turut hadir untuk menyaksikan pemberian penghargaan itu, mewakili pemerintah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin. 

Penghargaan tersebut menjadi kebanggaan luar biasa sekaligus pengakuan dunia terhadap kesuksesan negeri tercinta dalam mengelola kemajemukan. Sayang sekali, berita membanggakan itu kalah oleh hiruk pikuk Pemilu 2024 dengan semua dinamikanya.

 

ORMAS BERSAUDARA

Dalam banyak hal, Muhammadiyah dan NU menunjukkan perjuangan yang hampir sama. Tujuan besarnya sama-sama menjalankan dakwah Islamiyah. Amal sosialnya juga menunjukkan banyak kesamaan dengan menekuni bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan amal sosial lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: