Sidang Paripurna Majelis Senat Akademik PTNBH (2): Kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial PTNBH

Sidang Paripurna Majelis Senat Akademik PTNBH (2): Kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial PTNBH

ILUSTRASI Sidang Paripurna Majelis Senat Akademik PTNBH (2): Kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial PTNBH.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

PTNBH yang angkuh dan tidak mau menyapa dengan hati kelompok duafa, jangan harap berkembang sesuai dengan amanah yang diberikan. 

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, PTNBH dituntut untuk menyiapkan landasan pacu (runway) yang lebih panjang dan lebar daripada masyarakat yang dilayaninya. Artinya, sikap PTNBH seyogianya tidak kaku dalam proses seleksi calon mahasiswa dan hanya memilih mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi yang bermakna secara ekonomi.  

Justru, sebuah PTNBH dapat dikatakan telah berjalan sesuai koridor yang diharapkan jika PTNBH itu bersedia mengakomodasi kehadiran mahasiswa-mahasiswa duafa sebanyak-banyaknya.

Masalahnya sekarang adalah seberapa jauh PTNBH yang bersedia mengakomodasi mahasiswa dari kelompok duafa mampu membiayai dirinya sendiri –tanpa harus menggantungkan diri pada bantuan pemerintah? 

Dalam konteks ini, PTNBH mau tidak mau harus pandai-pandai untuk mencari dan menarik berbagai sumber pendanaan, baik dari usaha mandiri yang dikembangkan maupun dari berbagai lembaga donor yang bisa diakses. 

PTNBH yang hanya mengandalkan SPP mahasiswa niscaya tidak akan mampu tumbuh sebagai lembaga pendidikan yang memiliki hati. 

Sebaliknya, PTNBH yang mampu berkembang dengan dukungan dari berbagai sumber pendanaan mandiri, sembari tetap mengakomodasi kehadiran mahasiswa duafa, niscaya akan menjadi PTNBH yang benar-benar bermartabat. (*)

 

oleh:

Soetojo

- Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam, Universitas Airlangga

- Ketua Komisi II Senat Akademik Universitas Airlangga

dan


Sulikah Asmorowati

- Wakil dekan II FISIP 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: