Kemenhub Sediakan 722 Bus Untuk Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal Keberangkatannya

Kemenhub Sediakan 722 Bus Untuk Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal Keberangkatannya

Beberapa Bus yang Disediakan Kementerian Perhubungan demi Menyukseskan Program Mudik Gratis 2024--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan armada bus sebanyak total 722 unit untuk program mudik gratis tahun 2024. 

Armada tersebut nantinya akan dialokasikan sebagai akomodasi mudik yang bisa menampung hingga 30.088 orang pemudik dengan rincian 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Tidak hanya itu, Pemerintah turut menyediakan sebanyak 30 unit truk untuk mengangkut motor gratis dengan kuota hingga 900 unit.

“Disediakan 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam pernyataannya pada Selasa, 5 Maret 2024.

BACA JUGA:Kemenhub Kembali Sediakan Mudik Motor Gratis Tahun Ini, Simak Syarat Dan Ketentuannya

Lebih lanjut, sepeda motor tersebut nantinya akan diberangkatkan pada Jumat, 5 Maret 2024 dari Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan setelah menginap selama satu hari.

Peningkatan jumlah armada ini sejalah dengan perluasan kota tujuan mudik gratis hingga ke Jawa Timur.  Kemenhub telah menetapkan total sebanyak 33 kota destinasi mudik yang tersebar di beberapa wilayah.

Meliputi 3 kota di Provinsi Jawa Barat, 19 kota di Jawa Tengah dan DIY,  5 kota di Jawa Timur, 2 kota di Kalimantan, dan 4 kota di Sumatera. 

“Sementara untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta,” terang Hendro.


Ilustrasi Mudik Gratis--

BACA JUGA:DAMRI Buka Pemesanan Tiket Mudik Lebaran 2024, Simak Cara Beli Tiketnya

Armada mudik gratis nantinya akan diberangkatkan pada 6 April 2024 dari 6 terminal. Meliputi Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, serta Terminal Jatijajar Depok. "Sementara untuk Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang, dan Terminal W. A. Gara Kalimantan Tengah berangkat pada tanggal 7 April 2024,” ujar Hendro.

Sedangkan untuk arus balik, sepeda motor pemudik nantinya akan diangkut pada Minggu, 14 April 2024 dari 5 terminal dengan tipe A yang ada di kota Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, hingga Yogyakarta.


Ilustrasi Mudik --

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: