Terkenal karena Dragon Ball, Ternyata Begini Proses Tokoh Manga Jepang Akira Toriyama sebagai Komikus Legenda

Terkenal karena Dragon Ball, Ternyata Begini Proses Tokoh Manga Jepang Akira Toriyama sebagai Komikus Legenda

Mengingat kembali karya-karya Akira Toriyama. Pria kelahiran Nagoya, 5 April 1955 ini telah melahirkan banyak judul karya manga dan telah meraih banyak pencapaian atas bakatnya tersebut. --greenscene

HARIAN DISWAY - Sosok legendaris manga Jepang Akira Toriyama baru saja dikabarkan meninggal dunia pada 1 Maret 2024 atas penyakit subdural hematoma akut yang dideritanya. Pria kelahiran Nagoya, 5 April 1955 ini telah melahirkan banyak judul karya manga dan telah meraih banyak pencapaian atas bakatnya tersebut. 

Berawal dari semasa mudanya saat bersekolah di bangku sekolah dasar, Akira mengaku bahwa karakter Astro Boy telah menginspirasi dan membuat dirinya tertarik pada dunia manga. Awal kariernya dimulai dengan menciptakan karya berjudul Dr. Slump (1978-1984) yang tampil pada sebuah majalah mingguan.

Dr. Slump bercerita tentang kisah petualangan seorang profesor yang hidup berdampingan dengan objek-objek lain yang dapat berbicara, hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk menciptakan sebuah robot perempuan dan memiliki kekuatan super.

BACA JUGA: Mangaka Legendaris Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Wafat di Usia 68 Tahun

Pada 1981 itulah untuk pertama kalinya, karya Akira diangkat menjadi anime dan telah memiliki 243 episode, serta di tahun yang sama Akira memperoleh penghargaan atas karya manga shonen terbaik.

Sukses dengan kisah Dr. Slump, tak membuat Akira berbangga diri atas pencapaiannya. Di tahun 1984, ia ingin membuat karya manga kung fu shonen dan terciptalah manga berjudul Dragon Ball yang mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang mahir dalam seni bela diri. 

Pembuatan manga Dragon Ball berlangsung selama 11 tahun dan terkumpul sebanyak 42 volume. Kepopuleran Dragon Ball membuatnya bisa diangkat ke layar kaca. Bahkan menjadi serial anime yang diakui di kancah internasional. Manga Dragon Ball telah terjual sekitar 350 juta kopi di seluruh dunia.


Sandland karya terakhir dari mendiang Akira Toriyama sebelum akhirnya wafat di usia 68 tahun--instagram gonaigaworld

Di tengah kesibukannya mengurus serial Dragon Ball, Akira membuat manga one-shoot yang tayang setiap minggunya di Weekly Shonen Jump, judul di antaranya ialah Pola & Roid, Mad Matic, Chobit, Chobit 2, Pink, Young Master Ken’nosuke, dan lainnya. 

Tak hanya berfokus pada manga, hingga akhir hayatnya kegigihan Akira telah melahirkan karya lain dalam bidang anime dan permainan video seperti Dragon Ball Series, Dragon Quest, Dragon Ball Fighter, Jump Force, Sandland dan Fantasian yang masih bisa Anda nikmati hingga saat ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber