Jumlah Pemudik Meningkat, KAI Tambah 344 Perjalanan Angkutan Lebaran di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Jumlah Pemudik Meningkat, KAI Tambah 344 Perjalanan Angkutan Lebaran di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Ilustrasi mudik menggunakan Kereta Api-PT KAI-PT KAI

JAKARTA, HARIAN DISWAY--Ramadan sudah tiba. Sebulan lagi, masyarakat pun akan mudik ke kampung halaman masing-masing. Jumlah pemudik diperkirakan naik dari 123 juta orang pada tahun lalu menjadi 136,7 juta orang.

Pemerintah terus menyiapkan untuk menyambut mudik Lebaran. Termasuk juga PT Kereta Api Indonesia (KAI). Mengingat, KA menjadi salah satu moda transportasi favorit bagi masyarakat.

PT KAI menjadwalkan Angkutan Lebaran 2024 pada 31 Maret hingga 21 April. Total 22 hari. Tiket sudah bisa dipesan 45 hari sebelum keberangkatan hingga H+10 Lebaran. Yakni melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, serta seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

BACA JUGA:Jelang Masa Angkutan Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya Lakukan Bersih Lintas

Tentu, sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemesanan tiketnya kali ini menggunakan sistem “war”. Seperti pemesanan tiket konser yang perlu antrean online. Semua prosedur sudah diterangkan melalui website resmi KAI.

Selain itu, PT KAI juga menambah 344 perjalanan KA Jarak Jauh (KAJJ) untuk Angkutan Lebaran. Khusus dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. "Dengan rata-rata per hari sebanyak 16 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Dari Stasiun Gambir 10 KAJJ dan Stasiun Pasar Senen sebanyak 6 KAJJ," kata Manajer Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan tertulis, Senin, 11 Maret 2024.

Dari total 344 tambahan perjalanan KAJJ itu tersedia untuk perjalanan relasi favorit. Seperti Jakarta-Solo PP, Jakarta-Surabaya PP, Jakarta-Malang, dan lainnya. Ixfan menambahkan, keberangkatan kereta api pada hari Lebaran hingga pasca Lebaran masih cukup tersedia.

BACA JUGA:Program Mudik Gratis Sudah Dibuka Melalui Aplikasi MitraDarat, Berikut Cara dan Syarat Pendaftarannya

Terutama pada 31 Maret hingga 3 April 2024 dan keberangkatan 12 hingga  21 April 2024. Untuk rata-rata KA per hari terdapat 70 perjalanan yang beroperasi pada masa Angkutan Lebaran. Dari jumlah tersebut, 35 KA per hari berangkat dari Stasiun Gambir dan 35 KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen.

Ixfan menyebut 844.741 kursi yang tersedia, kini tersisa sekitar 450 ribu kursi lagi. Berdasarkan data KAI per kemarin, tiket KA tambahan baru dipesan sebanyak 390 ribu kursi. Artinya, masih tersisa lebih dari setengahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: