Program Mudik Gratis Sudah Dibuka Melalui Aplikasi MitraDarat, Berikut Cara dan Syarat Pendaftarannya

Program Mudik Gratis Sudah Dibuka Melalui Aplikasi MitraDarat, Berikut Cara dan Syarat Pendaftarannya

Program Mudik Gratis 2024 yang Difasilitasi Kementerian Perhubungan Dapat Diakses Melalui Aplikasi MitraDarat--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menerangkan bahwa pendaftaran Program Mudik Gratis telah dibuka hingga 3 April 2024 atau setelah kuota terpenuhi. Masyarakat yang ingin mendaftar, diperkenankan untuk mengunduh aplikasi MitraDarat di PlayStore maupun AppStore.

Dalam aplikasi tersebut, calon peserta mudik dapat mendaftarkan akunnya menggunakan email maupun akun google pribadi. Pendaftaran tersebut akan resmi berhasil setelah calon peserta mudik (pemudik) melakukan verifikasi akun menggunakan kode OTP yang dikirim melalui nomor telepon maupun WhatsApp.


Aplikasi MitraDarat yang dapat Diunduh melalui PlayStore maupun Appstore bagi Calon Peserta Mudik Gratis 2024--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Nantinya akan muncul pilihan tab event yang juga mengarahkan pada menu “Mudik Gratis”. Pada menu tersebut, calon pemudik dapat memilih lokasi keberangkatan, tujuan mudik, hingga armada bus yang ingin digunakan.

BACA JUGA:Kemenhub Sediakan 722 Bus Untuk Mudik Gratis 2024, Catat Jadwal Keberangkatannya

Setelah memilih, calon pemudik dapat mengisi data diri dan menyelesaikan pemesanan dengan meng-klik tombol “Selesaikan Pemesanan”.

“Adapun untuk syarat dan ketentuan Mudik Gratis 2024 antara lain pendaftaran secara online, melalui aplikasi mobile MitraDarat. Peserta juga wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP),” terang Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno pada Rabu, 6 Maret 2024.


Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Dapat Diakses Melalui Aplikasi MitraDarat yang Dapat Diunduh di PlayStore maupun AppStore--Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Hendro juga menegaskan bahwa setiap peserta hanya bisa memilih satu kota untuk tujuan mudiknya. Bagi pemudik yang juga ingin mendaftar arus balik, dapat mendaftar secara bersamaan dengan pendaftaran arus mudik di awal, asalkan kota balik tidak berbeda dengan kota tujuan mudik yang dipilih.

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Berangkatkan Dua Bus Mudik Gratis ke Jakarta

“Untuk satu akun pemesan tiket mudik gratis di MitraDarat dapat mendaftarkan maksimal sampai empat peserta mudik dengan kota tujuan yang sama. Dan satu akun hanya bisa melakukan pemesanan sebanyak satu kali,” jelas mantan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Lampung.

Peserta yang sudah mendaftar diberikan waktu maksimal lima hari untuk melakukan registrasi ulang.

“Jika calon pemudik tidak melakukan registrasi atau validasi ulang sampai batas waktu yang ditentukan maka NIK nya secara otomatis akan terkena banned dan tidak dapat mengikuti program mudik gratis pada periode selanjutnya selama tiga kali berturut-turut,” tegas Dirjen Hendro.

BACA JUGA:Khofifah Lepas 3.554 Peserta Mudik Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers kementerian perhubungan