Rugi Jika Hanya Berpuasa, Sempurnakan Ramadan Anda dengan Kegiatan Berikut!

Rugi Jika Hanya Berpuasa, Sempurnakan Ramadan Anda dengan Kegiatan Berikut!

Beberapa kegiatan bermanfaat yang sebaiknya dilakukan saat menjalani ibadah puasa Ramadan. --Pinterest: Mona

HARIAN DISWAY - Menjalani ibadah puasa Ramadan bagi umat Islam sudah menjadi sebuah kewajiban. Sayang masih banyak yang belum mengetahui esensi dari berpuasa di bulan Ramadan.

Padahal puasa tidak hanya tentang menahan diri untuk tidak makan dan minum saja. Tetapi tujuan berpuasa sebenarnya adalah menahan diri dari nafsu dan godaan. Menjadikan berpuasa sebagai kesempatan untuk meminta ampunan Allah SWT. Serta semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

BACA JUGA: Niat Puasa Ramadan Harian atau Sebulan Penuh? Ini Bacaan dan Terjemahannya

Untuk itu, selama Ramadan hendaknya tidak hanya diisi dengan berpuasa. Anda bisa melakukan banyak kegiatan bermanfaat lainnya. Sehingga dalam rangka berpuasa Ramadan, Anda bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan meningkatkan kualitas ibadah baik yang wajib maupun sunnah.

Anda bisa memulai dengan menyempurnakan bacaan dan gerakan salat, serta mempelajari makna dalam surat-surat yang terkandung di Alquran. Selain itu Anda dapat meningkatkan bacaan melalui membaca Alquran, membaca buku atau kitab tentang Islam, dan mengikuti kajian rutin. 

Anda juga bisa mulai membiasakan diri untuk konsisten bersedekah. Tidak penting berapa pun jumlah nominalnya, asalkan Anda memulai hal baik tersebut dengan ikhlas dan semata-mata untuk mencari ridha Allah SWT. 

BACA JUGA: Raja Salman Buat Program Buka Puasa dan Bagikan Hadiah Kurma Untuk Muslim Indonesia Selama Ramadan

Selama berpuasa, dianjurkan untuk mengisi hari dengan kegiatan yang bermanfaat. Jangan sampai lapar dan haus Anda tidak membuahkan hasil hanya karena kegiatan yang menurut Anda sepele. Seperti scrolling media sosial tanpa ada manfaat yang jelas. 

Mulailah mengurangi scrolling media sosial dan fokus dengan kegiatan serta orang-orang di sekitar Anda. Jadikan puasa Ramadan tahun ini menjadi momentum bagi Anda selain untuk mendekatkan diri kepada Allah juga mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar Anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber