Tidak Melulu karena Malas, Ini Penyebab Mengapa Anda Tidak Bisa Produktif

Tidak Melulu karena Malas, Ini Penyebab Mengapa Anda Tidak Bisa Produktif

Tidak produktif bukan berarti menjadi seorang pemalas, Anda hanya kurang mengenal faktor-faktor penyebabnya sehingga Anda kurang produktif. Kenali yuk! --Pinterest: ladders

HARIAN DISWAY - Kata produktif seakan menjadi sebuah kata sakral yang esensinya ingin selalu ditunjukkan oleh semua orang. Bagi sebagian orang, produktif menjadi salah satu kegiatan yang membanggakan.

Namun, bagi sebagian orang lainnya, kata produktif justru menjadi terlihat menyeramkan. Kadang kala ketika ingin melakukan kegiatan yang produktif, seperti ada magnet yang menarik diri untuk tidak bergerak.

Sering kali Anda juga merasa tidak tau apa yang harus dikerjakan terlebih dulu. Kemudian Anda mulai dikelilingi dengan pandangan orang lain yang melihat Anda sebagai seorang pemalas.

BACA JUGA: Yuk Mulai Atur Kebiasaan Anda Agar Lebih Produktif Menjalani Hari

Jika Anda terjebak dalam kondisi tersebut, bukan berarti Anda menjadi seorang pemalas karena tidak melakukan kegiatan yang produktif. Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa seseorang tidak bisa melakukan kegiatan produktif.

Yuk kenali faktor apa yang saat ini menjadi penghambat Anda untuk produktif.

1. Bingung dan tidak tahu cara memulai 

Faktor pertama yang menjadi penghambat seseorang untuk melakukan kegiatan produktif adalah bingung dan tidak tahu cara untuk memulai. Kebanyakan orang tidak tau harus memulai darimana, selain itu juga bisa karena tidak ada gol yang jelas. 

Jika Anda berada dalam fase ini, sebaiknya Anda istirahat sejenak, berpikir dan mulai set goals Anda dengan jelas. Ini berguna bagi Anda agar tidak lagi merasa bingung dan tau apa yang harus Anda kerjakan. 

2. Overthinking 

Overthinking menjadi salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi hampir semua kegiatan Anda. Biasanya perasaan ini akan muncul ketika seseorang merasa takut akan hasil yang tidak sesuai dengan harapan. Akibatnya Anda akan merasa takut untuk memulai sesuatu. 

Langkah tepat yang harus Anda lakukan jika berada dalam fase ini adalah mulai atur pikiran Anda dengan tidak memberikan ekspektasi yang berlebih pada sesuatu yang telah dan akan Anda kerjakan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak merasa takut dan overthinking jika nanti hasil yang Anda dapat tidak sesuai dengan harapan Anda. 

3. Kurang motivasi 

Penyebab lainnya adalah kurangnya motivasi. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kurangnya semangat dari dalam diri. Jika Anda merasa kurang memiliki semangat untuk melakukan kegiatan produktif, maka Anda perlu mengisi kembali energi Anda dengan kegiatan lain agar dapat memunculkan kembali motivasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber