Bingung Cari Materi Kultum atau Khutbah Selama Ramadan? Bisa Unduh Buku Syiar Ramadan Terbitan Kemenag Ini

Bingung Cari Materi Kultum atau Khutbah Selama Ramadan? Bisa Unduh Buku Syiar Ramadan Terbitan Kemenag Ini

Kemenag RI Terbitkan Buku Syiar Ramadan: Bisa Jadi Referensi Materi untuk Khutbah dan Kultum--Kemenag RI

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Untuk mendukung keberlangsungan syiar saat Ramadan, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menerbitkan buku syiar Ramadan Mempererat Persaudaraan.

Buku syiar Ramadan Kemenag ini berisi sejumlah materi kuliah tujuh menit (Kultum) Ramadan, khutbah Jumat, hingga khutbah Idul Fitri yang bisa dijadikan referensi.

BACA JUGA:Rugi Jika Hanya Berpuasa, Sempurnakan Ramadan Anda dengan Kegiatan Berikut!

Buku syiar Ramadan ini dirilis langsung oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin saat membuka Catch the Moon Ramadan Kareem: Edukasi, Simulasi, Visualisasi Hilal Awal Ramadan 1445 H di Jakarta, pada Jumat, 8 Maret 2024.

Acara menarik ini diikuti oleh banyak generasi milenial, Gen Z, serta aktivis media sosial.

Buku ini diterbitkan untuk mendukung program prioritas pemerintahan dari Jokowi-Ma'ruf.

BACA JUGA:Niat Puasa Ramadan Harian atau Sebulan Penuh? Ini Bacaan dan Terjemahannya

Kamaruddin mengungkapkan, program prioritas pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ini adalah pengarusutamaan pemahaman, perilaku, dan sikap moderat dalam beragama.

Dalam substansinya, buku ini memaparkan pesan untuk memahami agama secara moderat, berperilaku, dan bersikap moderat.

“Buku ini dihadirkan untuk memfasilitasi masyarakat. Kita berikan ini untuk dimanfaatkan. Tetapi, kita tidak bisa memaksakan ke masyarakat untuk memakai buku ini,” ujar Kamaruddin.


Buku Syiar Ramadan yang bisa diunduh dengan materi-materi kultum subuh dan khutbah selama Ramadan -Kemenag-

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Kemenag Adib memaparkan bahwa buku ini hadir untuk memperkaya khazanah yang bisa dipakai para aktivis masjid dalam menyusun kurikulum kuliah Ramadan.

“Kalau anda mau khutbah Jumat, mau mengisi kuliah Ramadan, baca buku ini untuk bisa menjadi bahan materi. Buku ini juga bisa dipakai oleh para aktivis masjid sebagai panduan dalam menyusun kurikulum kuliah Ramadan,”  terang Adib.

Pada perpustakaan digital Kemenag tersedia ribuan buku keagamaan Islam yang bisa diakses untuk masyarakat. Hal tersebut bisa menjadi rujukan untuk kaum Muslimin di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag ri