Niat dan Tata Cara Salat Tarawih Sendiri 11 Rakaat Lengkap dengan Witir

Niat dan Tata Cara Salat Tarawih Sendiri 11 Rakaat Lengkap dengan Witir

Niat dan tata cara salat tarawih sendiri 11 rakaat lengkap dengan witir. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Salat tarawih adalah ibadah salat sunnah yang dikerjakan pada bulan Ramadan setelah salat Isya dan sebelum salat Subuh. Niat untuk melaksanakan Salat tarawih bisa dibaca ketika umat Muslim menunaikan ibadah ini selama bulan Ramadan, baik di rumah maupun di masjid. 

Hukum salat tarawih sendiri adalah sunnah muakkad, yang merupakan sunnah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat. Dalam mazhab Syafii, niat umumnya diartikan sebagai maksud yang disertai dengan perbuatan. 

Salat tarawih dapat dilakukan secara individu di rumah atau berjamaah di masjid. Umat Muslim dapat melaksanakan ibadah ini setelah salat Isya hingga akhir malam atau menjelang waktu subuh.

Terkait jumlah rakaat salat tarawih, terdapat beberapa pendapat, seperti 8 rakaat dan 20 rakaat. Mereka yang memilih 8 rakaat mengacu pada hadits Aisyah yang diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim, ketika Nabi Muhammad SAW tidak pernah melaksanakan salat sunnah malam lebih dari 11 rakaat, baik di bulan Ramadan maupun bulan lainnya. Setelah menunaikan salat tarawih 8 atau 20 rakaat, umat Muslim akan melanjutkan dengan salat witir sebanyak 3 rakaat.

Berikut adalah bacaan niat salat tarawih dan witir sendiri atau tidak berjamaah beserta panduan salat tarawih.

BACA JUGA: Perbedaan Tak Jadi Penghalang di Masjid Al Akbar Surabaya, Salat Tarawih Perdana Tembus 15 Ribu Jamaah

Niat Salat Tarawih Sendiri

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW menyampaikan pesan penting tentang pentingnya niat dalam setiap tindakan.

Beliau mengajarkan bahwa segala sesuatu bergantung pada niat, dan setiap individu akan diberi balasan sesuai dengan niatnya. Hal ini menegaskan betapa pentingnya kesadaran dan keikhlasan dalam setiap amal yang dilakukan.

Berikut bacaan niat untuk melaksanakan salat tarawih sendiri di rumah:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati lillāhi ta'ālā

Artinya: "Aku niat salat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, saat ini, karena Allah Ta'ala".

BACA JUGA:Jaga Kondusivitas Surabaya Selama Ramadan, Pemkot dan TNI/Polri Gelar Patroli Rutin Selepas Tarawih Hingga Dini Hari

Niat Salat Witir Sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: