Wow! Ternyata Segini Bayaran Christoper Nolan di Oppenheimer

Wow! Ternyata Segini Bayaran Christoper Nolan di Oppenheimer

Christoper Nolan Menang Piala Oscar 2024-Variety via Getty Images-Getty Images

HARIAN DISWAY - Oppenheimer mencatat sukses luar biasa. Film tentang bapak bom atom AS, J Robert Oppenheimer, itu laku keras di bioskop, sekaligus merajai award season. Tahukah anda, berapa gaji sutradara sekaligus penulis naskahnya, Christopher Nolan?

Ya, film yang dibintangi oleh Cillian Murphy tersebut menyapu 7 gelar bergengsi di Academy Awards ke-96 pada Senin, 11 Maret 2024 lalu. Ia merebut piala Oscar untuk kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Aktor Pendukung Terbaik.

Dalam gelaran The Oscars 2024 itu, Christopher Nolan sendiri merebut piala Oscar perdananya sebagai Sutadara Terbaik. Melengkapi gelar dari Golden Globes,Critics' Choice Awards, BAFTA, Directors Guild of America (DGA) Awards, sekaligus Producers Guild of America (PGA) Awards.

BACA JUGA:Oscars 2024: Cillian Murphy Menang Aktor Terbaik, Ini Kenangannya dengan Nolan

Oppenheimer juga berjaya di box office. Dirilis pada hari yang sama dengan Barbie, film lansiran Universal itu meraup pendapatan USD 958 juta di seluruh dunia. Alias setara dengan Rp 14,9 triliun. Edan!


WOW! Ternyata segini bayaran Christoper Nolan di Oppenheimer. Foto: Nolan (dua dari kanan) mengarahkan Cillian Murphy di lokasi syuting Oppenheimer.-Universal-

Jadi, berapa gaji Nolan, yang dalam Oppenheimer bertindak sebagai sutradara sekaligus penulis naskah?

Menurut sebuah laporan dari Variety, bayaran total Christoper Nolan di proyek Oppenheimer kurang dari  USD 100 juta (atau Rp 1,55 triliun).

Sekilas, angka itu sudah terlihat besar. Namun, harus diingat bahwa bayaran itu sudah mencakup gaji pokok dan lain-lain. Termasuk bonus untuk setiap milestone pendapatan yang dicapai. Hingga bonus meraih gelar Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di The Oscars 2024.

BACA JUGA:Bangga Oppenheimer, Kenneth Branagh Terima Kasih pada Christopher Nolan

BACA JUGA:Oppenheimer Ngeri! Film Christopher Nolan Borong 13 Nominasi Oscars 2024, Ini Daftar Lengkapnya

"Gaji pokok Nolan untuk film ini tidak diketahui. Tapi ia dipastikan mendapatkan jaminan 15% dari pendapatan kotor Oppenheimer," Forbes melaporkan.

Kira-kira mengapa bayaran Christopher Nolan untuk film yang dahsyat itu tidak terlalu spektakuler? Kolumnis Screen Rant Ryan Northup menganalisa beberapa sebab. Yang pertama dan utama, Oppenheimer adalah film berisiko tinggi.

Oppenheimer dibuat dengan bujet USD 100 juta. Memang tidak sebesar film Nolan yang lain, yakni Tenet, yang mencapai USD 205 juta (sekitar 3,19 triliun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: variety.com