Oscars 2024: Cillian Murphy Menang Aktor Terbaik, Ini Kenangannya dengan Nolan

Oscars 2024: Cillian Murphy Menang Aktor Terbaik, Ini Kenangannya dengan Nolan

Cillian Murphy raih piala Oscar pertamanya berkat Oppenheimer. --

HARIAN DISWAY - Cillian Murphy berhasil meraih piala Oscar 2024 kategori Best Actor dalam Academy Awards 2024. Prestasi tinggi itu diperoleh berkat akting ciamiknya sebagai ilmuwan penemu bom atom, J Robert Oppenheimer, dalam film Oppenheimer.

Dalam pidato penerimaannya, aktor 47 tahun itu berterima kasih kepada sutradara Christopher Nolan. Yang telah bekerja bersamanya selama lebih dari 20 tahun.

"Kamu telah membawaku dalam perjalanan yang paling liar, paling menggembirakan, dan paling memuaskan selama 20 tahun," kata Cillian Murphy di panggung Dolby Theatre, Hollywood, 11 Maret 2024.

BACA JUGA:Oscars 2024: Edan! Oppenheimer Borong 7 Piala Termasuk Film Terbaik, Ini Daftar Lengkapnya

"Aku berutang banyak sekali padamu, lebih dari yang bisa kukatakan," imbuhnya, lantas berterima kasih kepada semua lawan main dan kru Oppenheimer.


OSCARS 2024: Cillian Murphy menang Aktor Terbaik di Academy Awards ke-96, 11 Maret 2024.-Robyn Beck-AFP

"Mau baik atau buruk keputusan itu (membom Hiroshima dan Nagasaki, Red), kita hidup dalam dunia yang diciptakan Oppenheimer saat ini. Jadi, aku mengucapkan terima kasih juga pada mereka para pejuang perdamaian, di mana pun mereka berada," tambah Murphy.

Murphy dikenal sebagai aktor yang ahli dalam memerankan beragam karakter yang kompleks dan mendalam. Kemenangannya dalam kategori Best Actor ini menunjukkan dedikasi, kerja keras serta bakatnya yang luar biasa dalam seni peran.

BACA JUGA:Oscars 2024: Robert Downey Jr Raih Oscar Perdana, Malah Panggil Dokter Hewan

BACA JUGA:Oscars 2024: Kejutan! Emma Stone Raih Piala Aktris Terbaik, Ini Alasannya

Peran sebagai J Robert Oppenheimer dalam film Oppenheimer adalah sebuah tantangan besar buat Cillian Murphy. Sebagai fisikawan yang berperan penting dalam pengembangan bom atom selama Perang Dunia II, karakter J Robert Oppenheimer membutuhkan kedalaman emosi dan kompleksitas luar biasa.

Ia mengalami dilema moral dan emosional yang begitu korosif. Menggerogoti jiwa dan kewarasannya. Sebab, ia bertanggung jawab penuh atas pembantaian terhadap ratusan ribu warga Hiroshima dan Nagasaki yang tidak bersalah.


OSCARS 2024: Cillian Murphy menang Aktor Terbaik di Academy Awards ke-96, 11 Maret 2024. Ia berpelukan dengan Christopher Nolan.-Handout-Getty Images via AFP

"Ini adalah film yang provokatif dan mengajak kita berpikir. Tentu saja ia berat dan menantang. Tapi, kamu tahu, malah banyak yang kepingin nonton," kata Cillian Murphy dalam konferensi pers di belakang panggung Dolby Theatre. "Jadi aku sangat, sangat bangga," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber