Oscars 2024: Cillian Murphy Menang Aktor Terbaik, Ini Kenangannya dengan Nolan

Oscars 2024: Cillian Murphy Menang Aktor Terbaik, Ini Kenangannya dengan Nolan

Cillian Murphy raih piala Oscar pertamanya berkat Oppenheimer. --

BACA JUGA:Billie Eilish dan Mark Ruffalo Pakai Pin Merah di Oscars 2024, Ternyata Tujuannya Mulia

Murphy mengasah karier akting di panggung teater sejak 1996. Ia adalah jebolan mahasiswa hukum yang putus di tengah jalan karena tidak punya passion di bidang itu. Maka, ia banting setir menjadi aktor.

Ia kemudian mendapatkan peran-peran kecil dalam film pendek. Sampai mendapatkan perhatian sutradara Inggris Dany Boyle, yang mengaudisinya untuk membintangi film horor post-apocalypse populer, 28 Days Later pada 2002.

Namun harus diakui, ia baru dikenal oleh moviegoers setelah membintangi Batman Begins. Juga besutan Nolan. Murphy membawakan peran villain utamanya, si Scarecrow.

BACA JUGA:Oscars 2024: Da'Vine Joy Randolph Menang Aktris Pendukung Terbaik, Terima Kasih pada Dosen

BACA JUGA:Heboh! John Cena Telanjang di Oscars 2024, Ngapain?

Bintang serial Peaky Blinders itu kemudian mengenang awal kerja samanya dengan Christopher Nolan. Sekitar 2003 atau 2004. Waktu Nolan mencari pemeran Scarecrow. Ia menjalani screen test, langsung di hadapan Nolan.


OSCARS 2024: Cillian Murphy menang Aktor Terbaik di Academy Awards ke-96, 11 Maret 2024. Ia memerankan Scarecrow di Batman Begins (2005).-Warner Bros.-

"Aku masih anak-anak waktu itu. Kukira, ya sudah, itu saja," kata Murphy, mengenang dirinya yang baru berusia 25 tahun saat audisi Batman Begins

"Bagiku, sudah cukup berada dalam satu ruangan bersama Chris selama beberapa jam. Dan ternyata, di sinilah kami sekarang," ucapnya. Dalam Academy Awards 2024, Nolan juga meraih Oscar dari kategori Sutradara Terbaik. "Aku merasa sangat bersyukur," tuturnya.

BACA JUGA:7 Momen Terbaik di Oscar 2024, Ada Ryan Gosling Nyanyi Diiringi Slash

Kemenangan Cillian Murphy menggenapi pencapaian Oppenheimer. Film itu menyapu 7 piala Oscar. Termasuk kategori paling prestisius: Film Terbaik.

Selain Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik, Oppenheimer merebut 4 piala lain. Yakni Aktor Pendukung Terbaik lewat Robert Downey Jr. Lalu Sinematografi Terbaik, Editing Terbaik, serta Musik Score Terbaik. Ngebom banget! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber