Dortmund vs PSV 2-0, Die Borussen ke Perempat Final Liga Champions Setelah 2 Musim

Dortmund vs PSV 2-0, Die Borussen ke Perempat Final Liga Champions Setelah 2 Musim

DORTMUND vs PSV 2-0, Die Borussen ke perempat final Liga Champions setelah 2 musim. Foto: pemain Dortmund merayakan gol Jadon Sancho ke gawang PSV, 14 Maret 2024.-Ina Fassbender -AFP

HARIAN DISWAY - Borussia Dortmund berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions 2023/2024. Hasil itu didapat setelah mengalahkan PSV Eindhoven dengan skor 2-0 pada leg kedua babak 16 besar di Signal Iduna Park, Kamis dini hari WIB, 14 Maret 2024.

Hasil itu membuat skor agregat jadi 3-1 untuk keunggulan Die Borussen (sebutan Dortmund). Ini juga menandai kembalinya Dortmund ke 8 Besar Liga Champions. Setelah selama 2 musim terakhir selalu gagal.

Mereka kali terakhir lolos ke 8 Besar pada musim 2020/2021. Tapi dikandaskan oleh Manchester City dengan agregat 2-4.

BACA JUGA:Hoffenheim Akhiri Tren Positif Borussia Dortmund

Penyerang Dortmund Jadon Sancho membuka keunggulan tuan rumah ketika laga baru berjalan 3 menit. Setelah 2x45 menit kemudian tak ada gol, Dortmund akhirnya menambah keunggulan lewat Marco Reus pada menit ke-90+5.


DORTMUND vs PSV 2-0, Die Borussen ke perempat final Liga Champions setelah 2 musim. Foto: Jadon Sancho (kiri) merayakan gol ke gawang PSV, 14 Maret 2024.-AFP-UEFA

"Kurasa kami benar-benar berhak atas tempat di perempat final berkat kerja keras," kata bos Dortmund Edin Terzic dalam konferensi pers, sebagaimana dilansir BBC. "Di babak pertama, kami memainkan, mungkin, 30 menit terbaik sepanjang musim ini," paparnya.

"Setelah itu kami seharusnya bisa mencetak gol lagi selama fase menekan habis-habisan itu," lanjut Terzic. "Sayangnya, di babak kedua, kami berhenti bermain sangat agresif. Tapi bisa bertahan dengan passion sekuat baja," tambah pelatih yang menangani Dortmund sejak 2020 itu.

BACA JUGA:Liga Champions: PSV Eindhoven vs Borussia Dortmund 1-1, Bakal Panas di Leg Kedua

BACA JUGA:Dortmund vs Freiburg 3-0, Edin Terzic: Ini Penampilan Terbaik Die Borussen!

Jadon Sancho sekali lagi menjadi penyelamat Dormund malam itu. Gol cepatnya di menit ketiga membuat moral pemain Die Borussen terangkat. Mereka percaya diri bakal memenangkan laga itu. Setelah leg pertama di kandang PSV hanya berakhir imbang 1-1.

"Lega sekali setelah mencetak gol pertama itu," ungkap Sancho. "Di pertandingan ini, kami memang menargetkan unggul sejak awal laga, dan itu tercapai. Tidak ada perasaan yang lebih menyenangkan daripada itu," paparnya.

"Aku bersyukur bisa mencetak gol cepat buat tim. Aku selalu selalu punya tempat spesial untuk Borussia Dortmund di hatiku: di sinilah aku membesarkan namaku," tuturnya penuh haru.


DORTMUND vs PSV 2-0, Die Borussen ke perempat final Liga Champions setelah 2 musim. Foto: Jadon Sancho (kiri) mencetak gol ke gawang PSV, 14 Maret 2024.-UEFA-

BACA JUGA:Borussia Dortmund Imbang 0-0 di Kandang Heidenheim, Edin Terzic: Harusnya Bisa Menang !

"Aku harus berterima kasih kepada teman-teman setimku yang sangat mempercayaiku," tambah winger Manchester United yang bermain di Dortmund dengan status pinjaman tersebut.

Dortmund dan PSV sama-sama menurunkan formasi terbaiknya pada laga kali ini. Edin Terzic memasang formasi 4-2-3-1, dengan meninggalkan Niclas Fullkrug sendirian di depan.

Sedangkan Peter Bosz, pelatih PSV Eindhoven, menggunakan formasi 4-3-3 dengan memasang tiga pemain di depan. Malik Tilman, Luuk de Jong, dan Johan Bakayoko menjadi ujung tombak.

BACA JUGA:Tak Diinginkan di MU, Sancho Langsung Cetak Gol Debut di Borussia Dortmund

Dortmund langsung menekan sejak awal pertandingan. Pada menit ketiga, Jadon Sancho membuka skor melalui tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti, setelah menerima umpan dari Julian Brandt.

Dortmund terus menekan dan hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-40. Tepatnnya melalui tendangan jarak dekat Donyell Malen. Sayang, tendangan itu menggelinding tipis dari gawang PSV. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, PSV mencoba bangkit dan meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun, Dortmund tetap tampil solid dan disiplin dalam bertahan.


DORTMUND vs PSV 2-0, Die Borussen ke perempat final Liga Champions setelah 2 musim. Foto: Marco Reus (no 11) mencetak gol di injury time.-UEFA-

BACA JUGA:Arsenal Tumbangkan Porto: Melangkah ke Perempat Final Liga Champions Setelah 12 Tahun

BACA JUGA:Barcelona Menang 3-1 Lawan Napoli, Amankan Tiket Perempat Final Liga Champions

Pada menit ke-58, Edin Terzic memasukkan Felix Nmecha untuk menggantikan Julian Brandt. Dan pada menit ke-77, Niclas Fullkrug hampir saja mencetak gol, namun dianulir karena offside.

Terzic tak henti-hentinya menginstruksikan anak buahnya untuk menyerang. Namun, permainan cepat PSV justru memaksa mereka untuk semakin fokus bertahan. 

"Suaraku sampai habis. Pertandingan ini begitu menguras tenagaku hari ini," keluh Terzic. "Tapi aku sangat bangga bisa menjadi bagian dari kemenangan malam ini," lanjutnya.

BACA JUGA:Liga Champions: Man City vs Copenhagen 3-1, The Cityzens Melaju Mulus ke Perempat Final (Agg. 6-2)

Malapetaka akhirnya dirasakan oleh PSV Eindhoven. Pada injury time babak kedua, tepatnya menit ke-90+5, Marco Reus berhasil menggandakan keunggulan Dortmund melalui sundulan. Ia menerima umpan dari Niclas Fullkrug.

Skor 2-0 bertahan hingga akhir pertandingan. Dortmund pun melaju ke babak perempat final Liga Champions. Menyusul 6 tim yang sudah lebih dulu lolos. Yakni Arsenal, Barcelona, Bayern Munchen, Manchester City, Paris St Germain, dan Real Madrid. (*)

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1): 1-Kobel (GK); 25-Sule, 23-Can, 15-Hummels, 22-Maatsen; 6-Ozcan, 20-Sabitzer; 21-Malen, 19-Brandt, 10-Sancho; 14-Fullkrug

Pelatih: Edin Terzic

PSV Eindhoven (4-3-3): 1-W Benitez; 3-Teze, 22-Schouten, 18-Boscagli, 8-Dest; 20-Til, 23-Veerman, 17-Junior; 11-Bakayoko, 9-De Jong, 10-Tilman

Pelatih: Peter Bosz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc