IKN Mulai Ditempati Juli, Otoritas Jamin Tidak Akan Ada Penggusuran Semena-Mena

IKN Mulai Ditempati Juli, Otoritas Jamin Tidak Akan Ada Penggusuran Semena-Mena

Keterangan Pers Usai Rapat Internal Bersama Presiden dan Wakil Presiden, Rabu, 13 Maret 2024--Youtube Sekretariat Presiden

HARIAN DISWAY - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menegaskan tidak akan ada penggusuran paksa untuk menuntaskan IKN yang rencananya mulai ditempati pada bulan Juli mendatang.

“Saya kira prinsipnya sekali lagi kita tidak akan menggusur semena-mena ya, dan komunikasi itu berjalan,” tegas Bambang dalam keterangan pers usai rapat internal bersama Presiden dan Wakil Presiden di Istana Negara Rabu, 13 Maret 2024.

Bambang masih percaya dengan strategu komunikasi secara intens untuk mengurangi miskomunikasi antara masyarakat setempat dengan pihak pemerintah yang diwakili oleh otorita IKN.

BACA JUGA:Pemerintah Janji Tak Semena-mena Gusur Masyarakat Adat Demi Lahan di IKN


Bambang Susantono dalam Keterangan Persnya Usai Rapat Internal Bersama Bapak Presiden dan Wakil Presiden--Youtube Sekretariat Presiden

BACA JUGA:IKN Hampir Rampung, OIKN Adakan Penjajakan Minat Proyek KPBU Sektor Perumahan

“Kita ada forum-forum yang melibatkan masyarakat di sekitar situ, tokoh-tokoh masyarakat, kemudian juga para investor yang baru masuk ke situ,” terangnya.

Bambang berharap dengan banyaknya forum tersebut, dapat menjadikan IKN kota yang layak huni dan dicintai masyarakatnya.

“Sehingga kota itu bisa nantinya menjadi kota yang memang layak huni dan dicintai ya. livable dan loveable,”

BACA JUGA:Otorita IKN Dapat Kucuran Dana Hibah USD 2 Juta, Digunakan untuk Kajian Strategi Infrastruktur Hijau

Tidak hanya itu, Bambang menyebut otorita IKN berkomitmen untuk selalu memegang 8 prinsipnya yang antara lain mendesain sesuai kondisi alam, Bhineka Tunggal Ika, terhubung, aktif, dan mudah diakses.

Kemudian rendah emisi karbon, sirkuler (ada sistem daur ulang) dan tangguh, aman dan terjangkau, nyaman dan efisien melalui pemanfaatan teknologi, serta peluang ekonomi untuk semua dengan tujuan menjadi IKN sebagai kota layak pandang.

“Saya kira kita prinsipnya semuanya harus lebih baik ya, penduduk yang di sana lebih baik,” kata Bambang.

Sejauh ini, Bambang menyatakan pembangunan IKN sudah memasuki tahap akhir dengan estimasi masuknya suplai air bersih pada bulan Juni, diikuti bandara VVIP pada bulan Juli, serta akses Jalan Tol pada bulan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: keterangan pers kepala otorita ikn dan menteri pupr