Anda Suka Baca Buku? Rinci 5 Manfaatnya yang Positif

Anda Suka Baca Buku? Rinci 5 Manfaatnya yang Positif

Membaca buku adalah hobi bagi sebagian orang. Dibalik hobi itu menyimpan segudang manfaat yang bisa di dapat. Yuk kenali keuntungan yang bisa dirasakan menjadi seorang pembaca buku. --Foto: Getty Images/iStockphoto/PrathanChorruangsak

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Membaca buku merupakan suatu kebiasaan yang baik dan patut dipertahankan hingga saat ini. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa menghabiskan sejumlah waktu setiap hari untuk Membaca buku memiliki efek positif dalam memperpanjang umur Anda.

Peran buku dalam kehidupan tidak bisa dianggap remeh, karena  tidak hanya memperluas wawasan kita, tetapi juga berperan sebagai pintu gerbang menuju dunia sekitar.

Sebenarnya, tidak ada salahnya buku berfungsi sebagai alat bertahan hidup, karena buku mempengaruhi dan meninggalkan kesan yang berarti. Ini dia manfaat yang bisa diperoleh jika Anda suka baca buku.

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Sudah jelas sekali kalau buku bisa memperluas wawasan dan pengetahuan kita. Membaca buku sama saja dengan mengisi kepala  dengan  informasi baru dan tambahan. Termasuk informasi yang belum Anda ketahui sebelumnya. Besar kemungkinan informasi dalam buku ini bermanfaat nantinya.

Berbagai informasi dan ide yang terkandung dalam buku-buku yang di baca nanti akan membantu Anda membuka pemikiran. Bagaimana  mengenal dunia dan segala isinya dengan lebih baik dan memahaminya lebih dalam dari  sebelumnya.

BACA JUGA: Yuk Mulai Atur Kebiasaan Anda Agar Lebih Produktif Menjalani Hari

2. Memiliki Keterampilan Menulis Yang Baik

Siapa pun bisa jadi pandai menulis jika terbiasa membaca buku. Manfaat buku tentu saja terlihat jelas. Membaca bisa meningkatkan pengalaman dan meningkatkan inspirasi bagi setiap orang untuk menulis dalam bahasa yang baik. Atau bahkan lebih baik daripada bahasa yang mereka baca. 

Penggunaan buku ini akan sangat membantu bagi Anda yang gemar menulis. Pengembangkan ide, mencari inspirasi dan mempelajari cara berbicara yang baik dan benar. Semua itu bisa Anda dapatkan manfaatnya.

3. Meningkatkan Kualitas Memori

Dengan membaca buku, kita juga dapat meningkatkan kualitas daya ingat. Faktanya, membaca buku meningkatkan kualitas otak dan bahkan meningkatkan kualitas memori Anda. Pastinya bakal sangat membantu proses daya ingat ketika mengingat isi suatu buku dan berbagai hal lainnya.

4. Mencegah Depresi

Membaca buku ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan tingkat stres seseorang. Sekaligus dapat mencegah terjadinya depresi. Ternyata depresi bisa terjadi karena stres yang tidak dikelola dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: