Keutamaan Salat Tarawih Berjamaah Setara dengan Ibadah Satu Malam Penuh, Apa Saja?

Keutamaan Salat Tarawih Berjamaah Setara dengan Ibadah Satu Malam Penuh, Apa Saja?

Semoga dengan mengetahui keutamaan salat tarawih bisa menjadikan semangat pemacu umat muslim untuk melaksanakan salat tarawih Ramadan dengan penuh semangat. --Pexels

HARIAN DISWAY - Salah satu ibadah yang hanya dilakukan pada waktu Ramadan adalah salat tarawih. Pada malam hari, umat muslim melaksanakannya. Jika salat tarawih berjamaah sampai selesai pahalanya setara dengan beribadah satu malam penuh lho.

Supaya makin semangat, berikut ini keutamaan-keutamaan yang akan didapatkan dari melaksanakan ibadah salat tarawih yang hukumnya sunnah muakad untuk dilaksanakan.

Dilansir dari laman NU Online, ulama sepakat bahwa hukum salat tarawih adalah sunah. Seperti dikatakan oleh Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam Kifayatul Akhyar (89) berikut:

وَأما صَلَاة التَّرَاوِيح فَلَا شكّ فِي سنيتها وانعقد الْإِجْمَاع على ذَلِك قَالَه غير وَاحِد وَلَا عِبْرَة بشواذ الْأَقْوَال 

Artinya: Adapun salat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunahannya yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang.

BACA JUGA: 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Anak Muda di Bulan Ramadan

Terdapat hadis Rasulullah SAW yang menganjurkan umat Islam melaksanakan salat tarawih. hadis tersebut sebagai berikut:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau. (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Maka dari itu melaksanakan salat tarawih sangat dianjurkan dan harus semangat dilakukan. Ada dua manfaat utama yang bisa dirasakan ketika melaksanakan salat tarawih. Manfaat tersebut antara lain manfaat rohani dan jasmani.

Dalam hadis dijelaskan bahwa salat tarawih dapat menggugurkan dosa-dosa kecil dan bisa mendapatkan ampunan dari dosa besar. Hal tersebut seperti ditegaskan oleh Imam Abu Thayyib dalam kitabnya 'Aunul Ma'bud Syarhu Sunan Abi Dawud sebagai berikut:

أَيْ مِنَ الصَّغَائِرِ وَيُرْجَى غُفْرَانُ الْكَبَائِرِ 

Artinya: Yaitu, mulai dari dosa-dosa kecil, dan diharapkan ampunan dosa-dosa besar.

Manfaat jasmani salat tarawih bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh yakni menghindarkan dari penyakit-penyakit karena makanan yang dikonsumsi saat puasa.

BACA JUGA: Niat Puasa Ramadan Harian atau Sebulan Penuh? Ini Bacaan dan Terjemahannya

Hal tersebut dijelaskan oleh Syekh Muhyidin Mistu dalam kitabnya As-Shaumu Fiqhuhu wa Asraruhu halaman 111 yaitu:

 صَلَاةُ التَّرَاوِيْحِ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ لِلرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً وَتُفِيْدُ هَضْمَ الطَّعَامِ وَتَنْشِيْطَ الْجِسْمِ وَمَغْفِرَةَ الذُّنُوْبِ 

Artinya: Salat tarawih sangat dianjurkan bagi laki-laki dan perempuan, yaitu terdiri dari 20 rakaat, dan berfaedah menghancurkan makanan (dalam perut), membangkitkan semangat badah, dan ampunan dosa-dosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu online