Pejabat Negara yang Bersedia Terus Belajar

Pejabat Negara yang Bersedia Terus Belajar

Ilustrasi wisudawan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. --

Dalam sambutannya, Azwar menggarisbawahi bahwa saat ini bukan hanya lulusan yang memiliki kompetensi teknis yang bakal sukses menaklukkan pasar kerja. Melainkan, para lulusan juga harus memiliki akses pada jaringan sosial yang kuat dan kemampuan membangun kolaborasi dan komunikasi yang kuat. 

BACA JUGA: TANTANGAN WISUDAWAN MENGHADAPI PASAR KERJA

Tanpa dukungan dan akses pada jaringan sosial yang kuat, setinggi apa pun kompetensi lulusan niscaya akan kesulitan untuk menembus pasar kerja.

Bagi para pejabat negara yang memilih melanjutkan kuliah dan kemudian lulus, mereka memang tidak akan disibukkan dengan upaya mencari pekerjaan seperti layaknya alumnus program studi sarjana. Namun, hal itu seyogianya tidak membuat para lulusan program S-1 iri. 

Para pejabat negara yang mau kuliah lagi, mereka bagaimanapun adalah ilham dan role model yang baik untuk dicontoh karena sesibuk apa pun dan seberat apa pun beban yang harus ditanggung, mereka ternyata masih mau meluangkan waktu untuk terus belajar.

Semangat para pejabat negara yang luar biasa itulah yang seharusnya menjadi inspirasi bagi alumnus lain untuk modal menghadapi tantangan pasar kerja yang sebenarnya. Semoga. (*)

 

*) Badri Munir Sukoco adalah direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga

**) Bagong Suyanto adalah dekan FISIP Universitas Airlangga

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: